fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima Kelebihan Greentea Untuk Kesehatan Kulit Wajah

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Teh hijau adalah salah satu jenis teh yang diracik dari daun teh Camellia Sinensis. Kandungan nutrisi yang sangat tinggi tidak heran jika teh hijau banyak dimanfaatkan bagi kesehatan dan produk kecantikan. Lantas, apa saja kelebihan dari teh hijau yang bisa   Anda pakai untuk merawat kulit? Simak ulasannya berikut ini!

Antioksidan Kuat

Sebenarnya manfaat teh hijau sudah populer di Cina sejak lama sebagai obat sakit kepala hingga depresi. Dengan berkembangnya teknologi, teh hijau kini telah banyak digunakan sebagai bahan untuk kesehatan bahkan produk kecantikan. Hal ini dikarenakan di dalam teh hijau mengandung beberapa zat antioksidan kuat, enzim, asam amino, dan fitokimia. Ketiga bahan tersebut memiliki peran penting untuk tubuh dan kulit manusia. Selain itu, adanya vitamin B dan mineral alami di dalamnya teh hijau mampu memerangi jerawat dan gangguan pencernaan di dalam tubuh.

Mengatasi Jerawat

Untuk yang memiliki masalah jerawat, memanfaatkan teh hijau bisa jadi solusi yang tepat. Adanya senyawa katekin di dalam teh hijau merupakan agen anti bakteri yang dapat melawan bakteri penyebab jerawat. Katekin adalah senyawa alami yang dihasilkan oleh tumbuhan. Senyawa ini juga membantu mengatur keseimbangan hormon di dalam tubuh. Tidak hanya itu, di dalam daun teh hijau juga terdapat zat anti inflamasi yang akan mengurangi kemerahan dan peradangan yang disebabkan oleh jerawat. Maka tak heran jika teh hijau kerap menjadi bahan olahan produk kecantikan untuk mengatasi jerawat. Namun  menggunakannya secara alami juga bisa kok. Caranya, gunakan teh hijau yang diseduh dengan air panas. Setelah tercampur seluruhnya, gunakan kapas untuk mengoleskan ke daerah yang sedang berjerawat. Diamkan 10 sampai 15 menit, sampai terserap sempurna oleh kulit lalu bilas dengan air dingin.

Berita Lainnya  Lima Bahan Masker Paduan Kopi yang Mempercantik Kulit Wajah

Face Mist Alami

Tidak hanya dioleskan, menyemprotkan air dari seduhan teh hijau juga bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori. Air teh hijau ternyata dapat digunakan sebagai face mist alami yang dapat menyegarkan kulit wajah.   Anda hanya perlu menyeduh dua cangkir teh hijau dan biarkan sampai dingin, kemudian tambahkan minyak esensial sesuai dengan seleramu. Setelah itu masukkan air teh hijau tadi ke dalam botol semprot yang bersih. Pakailah secara rutin agar kulit terhindar dari dehidrasi. Formula yang tidak kalah pentingnya, Avoskin Hydrating Treatment Essense akan menjaga kulit agar tetap segar dan terhindar dari dehidrasi.

Peremajaan Kulit

Teh hijau bisa membantu  dalam mengatasi masalah bekas jerawat dan luka yang ada bersarang di kulit wajah. Sebuah studi di Medical College of Georgia menyebutkan bahwa teh hijau bisa membantu proses peremajaan kulit sehingga dapat digunakan untuk mengobati penyakit kulit dan luka. Kali ini   Anda dapat memanfaatkan ekstrak teh hijau dengan mengolahnya sebagai masker. Campurlah teh hijau dengan madu dan air jeruk kemudian oleskan pada wajah selama 5 sampai 10 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat. Gunakan masker wajah ini dua kali dalam seminggu supaya hasil maksimal bisa   Anda dapatkan.

Berita Lainnya  Lima Produk Kecantikan yang Berbahaya Jika Sering Dipakai

Melindungi Kulit Dari Matahari

Bagi   Anda yang sering beraktivitas di luar rumah dan kerap terpapar sinar matahari,   Andadapat melindungi kulit tubuh dengan memanfaatkan daun teh hijau. Caranya adalah dengan menyeduh 2 sendok makan daun teh, lalu diamkan hingga dingin. Setelah dingin, saring air teh dengan menggunakan kain yang lembut. Setelah itu gunakan kain tersebut untuk mengompres bagian kulit yang akan terkena sinar matahari. Diamkan hingga mengering dan lakukan pengompresan sekitar 30 menit sebelum beraktivitas di luar rumah. Hal ini karena teh hijau mengandung asam tannic, theobromine, dan polifenol yang dapat membantu meredakan dan menyembuhkan kulit akibat terbakar matahari.

Mencegah Kanker Kulit

Berkat kandungan antioksidannya yang tinggi, banyak penelitian menunjukkan bahwa meminum teh hijau secara rutin akan melindungi kulit dari bahaya kanker kulit. Cara kerja teh hijau yakni dengan menghambat gen yang mengaktifkan peradangan pada kulit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, konsumsilah teh hijau dengan cara menyeduhnya secara langsung. Selain akan menambahkan kenikmatan rasa, seduhan secara langsung bisa melepaskan antioksidan lebih banyak.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler