fbpx
Connect with us

Pariwisata

Tebing Bebatuan di Pesisir Pantai Menyimpan Keunggulan Potensi Wisata Luar Biasa

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Garis perairan yang membentang dari ujung barat Gunungkidul sampai dengan wilayah timur sangatlah panjang. Letak geografis menjadi salah satu penentu obyek wisata itu, seperti misalnya di kawasan Panggang dan Purwosari, mayoritas pantai yang dimiliki berupa tebing. Kondisi ini berbeda dengan pantai di wilayah timur yang memiliki bibir pantai.

Sebagaimana diketahui, belakangan ini pembangunan dan pengoptimalan potensi obyek wisata di kawasan barat mulai gencar dilakukan oleh masyarakat, pemerintah maupun pihak ketiga (investor). Potensi yang dimiliki berupa tebing-tebing yang berada tepat di pinggir pantai mulai dioptimalkan dan disulap menjadi obyek wisata dengan daya tarik tersendiri.

Di kecamatan Panggang dan Purwosari misalnya, mayoritas pantai yang sekarang ini mulai booming adalah berupa tebing-tebing yang memiliki sedikit tanah datar menghadap ke muka laut, titik-titik semacam ini lah yang justru diminati wisatawan. Khususnya mereka yang gemar melakukan kegiatan alam dan camping. Disisi lain spot foto juga mendukung.

Ada sejumlah pantai di kecamatan Panggang yang sekarang nenjadi idola seperti misalnya Wohkudu, Grigrak, Ngunggah, Nguluran (Teras Kaca), Karang Telu, dan baru-baru ini muncul pula Pantai Puncak Segoro, serta masih banyak lagi. Dari pantai yabg disebutkan itu berupa tebing batuan yang kemudian dimanfaatkan menjadi obyek wisata dengan keunggulan masing-masing.

Berita Lainnya  Pantai Krokoh, Menikmati Surga Kesunyian di Ujung Timur Gunungkidul

“Kalau yang punya bibir pantai dan dimanfaatkan untuk aktifitas pada umumnya ada Pantai Gesing di Panggang dan Pantai Parangendog di Purwosari,” kata Kepala Seksi Promosi dan Informasi Pariwisata, Dinas Pariwisata Gunungkidul, Purnomo Sumardamto, Minggu (15/03/2020).

Selain menjual dayatarik pemandangan diatas tebing, kawasan pantai barat ini juga sangat diminati oleh penghobi mancing. Ada tantangan tersendiri jika melakukan kegiatan mancing di sebuah tebing tinggi. Selain juga menikmati alam yang ada, juga dianggap menantang adrenalin saat berada diatas tebing.

“Ini kan menjadi sebuah daya tarik tersendiri. Gunungkidul memiliki beragam pilihan,” ujarnya.

Perbandingan mencolok memang nampak jika dibandingkan dengan kawasan timur. Di mana pantai pantai dari kecamatan Saptosari hingga kecamatan Girisubo. Pantai di kawasan timur justru mayoritas memiliki pesona yang indah, dengan menyuguhkan bibir pantai dengan beragam jenis. Bahkan hamparan pasir putih pun seolah menambah daya tarik.

Berita Lainnya  Pemerintah Anggarkan Rp 23 Miliar Untuk Pembangunan Taman Batu Ngingrong

Ya, Gunungkidul identik dengan pasir putih jika dibandingkan dengan pantai-pantai di kawasan lainnya. Pada proses eksistensi dan pembangunan pun pantai di kawasan timur ini sangatlah bergeliat. Beberapa pantai yang memiliki nama besar pun berada di kawasan ini.

Namun demikian, pemerintah sekarang ini mulai berupaya melakukan pembangunan-pembangunan yang luar biasa untuk menyetarakan dan mengoptimalkan potensi yang ada. Dari pemerintah sendiri sedang berupaya melakukan penataan tata ruang dan pengaturan kawasan pantai bagian barat.

Rencananya penataan ulang tata ruang dengan memperhatikan segala potensi dan sumberdaya alam yang ada akan dimulai dari kawasan Panggang dengan arah penataan ke timur yakni Saptosari.

“Rencana penataan tata ruang kawasan pantai di Panggang dengan arah ke Saptosari memang menjadi bahasan bersama. Terlebih dari pemerintah DIY pun juga memiliki wacana baru dalam pengembangan pantai di kawasan barat itu,” ujar Emy, Kepala Bidang Perekonimian, Bappeda Gunungkidul.

 

 

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler