fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Jalan yang Dikenal Seram dan Berbahaya di Indonesia

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Kepercayaan masyarakat Indonesia tentang dunia mistis masih sangat kental. Makanya, tidak heran jika terjadi fenomena-fenomena aneh yang tidak masuk akal, akan selalu dihubung-hubungkan dengan hal gaib. Termasuk juga kejadian fenomena-fenomena aneh di jalan raya, di mana ada beberapa jalan di Indonesia yang dianggap angker. Katanya, jalan-jalan di Indonesia ini memiliki aura mistis yang sangat kuat. Entah benar atau tidak tentang cerita keangkeran jalan-jalan tersebut, tapi yang pasti di jalan angker ini memang sering kali terjadi kecelakaan. Lantas, jalan apa saja yang paling seram di Indonesia tersebut? Berikut ulasannya!

1. Alas Roban (Jawa Tengah)

Salah satu kisah misteri terjadi di Alas Roban yang konon sudah terdengar sejak dulu. Alas Roban terletak di Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Daerah ini sejak dulu terkenal angker. Bagi pengendara yang ingin melintas jalan raya Alas Roban selalu merinding. Tak hanya jalannya yang berkelok, tapi kisah mistis disini sudah turun menurun. Lokasinya ada hutan jati di Plelen, Gringsing, di daerah pernah dikenal sebagai tempat pembuangan mayat pada tahun 1980-an. Mayat-mayat tersebut adalah korban dari penembak misterius (Petrus) di mana semua korbannya dibuang ke Alas Roban. Bukan itu saja, banyak terjadi puluhan kecelakaan lalu lintas di daerah tersebut. Tak sedikit rute ini sudah banyak menelan korban akibat kecelakaan. Kisah cerita-cerita mistis pun beredar di masyarakat. Ada yang pernah melihat kuntilanak, pocong sampai genderuwo. Dulu, jika malam hari, sepanjang jalur Alas Roban memang gelap. Masih dikelilingi pohon-pohon jati. Jalannya tidak lurus, ada yang berkelok dan menanjak curam. Wajar, jika setiap pengendara melintasi jalan tersebut selalu ekstra hati-hati. Dulunya jalan raya Alas Roban hanya ada satu, yaitu jalan raya Poncowati. Jalan tersebut dibuat pada era pemerintahan Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels, Gubernur Jenderal Hindia Belanda ke-36 yang memimpin antara tahun 1808 hingga 1811.

Berita Lainnya  Lima aktivitas yang Bisa Dilakukan si Kecil di Rumah

2. Jalan Raya Tjampuhan (Bali)

Di daerah Tjampuhan ini memang banyak terjadi hal-hal yang janggal dan masih menjadi misteri sampai sekarang. Jalan Raya Tjampuhan memiliki penghubung jalan berupa jembatan yang sangat dikenal dengan jembatan gantungnya. Kita tidak akan membahas jembatan ini, melainkan tentang satu-satunya sekolah yang berada disana, yang menjadi awal cerita ini berasal. Sebut saja namanya Dewi, seorang murid SMK yang bersekolah di sekolah tersebut. Kegiatan yang dia lalui biasa saja, semua dari dia memang biasa. Namun, suatu hari maut menjemputnya dengan cara tidak biasa. Pada saat Sinta berangkat ke sekolahnya siang itu dengan sepeda motornya, seperti hari-hari biasa, dia melewati jalan itu dengan santainya sampai tiba-tiba jatuh, tanpa disadari sebuah mobil yang hendak dia lewati membuka pintu dengan sendirinya. Sinta yang terpental dan jatuh, ditabrak oleh kendaraan yang melintas tanpa sadar. Tubuh Dewi yang sudah tidak dapat bergerak dikerubungi masa dan dilarikan ke Rumah Sakit. Di Bali ada sebuah kepercayaan, ada kalanya dimana kematian seseorang yang tubuhnya belum diaben atau minimal di upacarai akan menarik perhatian orang-orang yang berkekuatan mistis, atau orang yang meninggal secara tidak wajar dan belum di upacarai maka arwahnya akan tetap berada di tempat terakhir dia menghembuskan nafas terakhirnya.

3.Alas Bonggan (Jawa Tengah)

Di daerah Jawa Tengah, tepatnya Alas Bonggan, ada kepercayaan mistik yang berhubungan dengan jalan raya tumbuh subur. Salah satu yang paling terkenal adalah Alas Bonggan di wilayah Blora, Jawa Tengah. Di rute ini, dipercaya sebagai kota gaib. Alas Bonggan dipercaya angker bagi para pengendara yang hendak melintas. Di sini banyak kendaraan yang mesinnya mati dengan sendirinya kala melintas sebagai ulah jahil makhluk halus berwajah cantik. Alas Bonggan juga dipercaya sebagai kota gaib hunian mahluk. Hanya orang tertentu saja yang bisa melihat kota yang digambarkan besar dan megah itu. Selain itu, banyak orang yang kerap menggunakan daerah Alas Bonggan sebagai tempat mencari pesugihan.

Berita Lainnya  Tips Mengatasi Komedo Area Kulit Wajah

4.Tol Cipularang

Tol yang membentang dari Cikampek – Purwakarta sampai Padalarang ini berada di pegunungan sehingga jalannya naik-turun dan banyak jembatan panjang dan tinggi. Banyak kejadian menyeramkan yang seakan menghantui tol ini. Pasalnya buat pengendara yang melintas di Cipularang, harus ekstra hati-hati terutama mulai dari KM 60 sampai KM 100. Mitosnya, di ruas sepanjang puluhan kilometer tersebut banyak yang meyakini sebagai poros gaib yang kerap meminta tumbal dari pengguna jalan yang melintasi ruas tersebut. Posisinya berada di sekitar Gunung Hejo, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Jalur ini juga dikenal sebagai Jalur Tengkorak. Beragam cerita pengemudi yang mengalami kecelakaan di sekitar poros kilometer 90 dan 97 ini, di antaranya mendadak mereka terserang kantuk yang amat sangat dan kondisi kendaraan yang tiba-tiba tak nyaman dijalankan, serta rasa lelah yang luar biasa setelah menempuh perjalanan jarak jauh.

Bagi sebagian warga lokal, mendengar nama Gunung Hejo mungkin sudah tak asing. Masyarakat Purwakarta memang mengenal Gunung Hejo sebagai daerah ritual pemujaan. Jadi jangan heran, mitos Gunung Hejo merupakan daerah angker sudah dirasakan sejak dulu. Bahkan saat pembangunan Tol Purbaleunyi di ruas KM 90 sampai KM 97 ini, banyak banget cerita aneh yang tak bisa diterima akal sehat dari para pekerja proyek. Ada yang dipindahkan makhluk gaib saat tertidur lelap ke dekat sungai ada juga yang menangis sesenggukan saat tidur, bahkan banyak juga yang kesurupan.

Berita Lainnya  Mengenal Penyakit Pink Eye Pada Anak

5.Jalan Babakan Siliwangi (Bandung)

Konon di jalan yang curam dan menikung ini, tak jarang orang mengalami kecelakaan. Ya, namanya Jalan Siliwangi, Bandung. Pada awal tahun 1980-an pernah terjadi kecelakaan yang yang menewaskan anak kecil. Sehingga bukan hal aneh jalan ini menjadi ‘berpenghuni’. Banyak pengendara enggan melewati jalan itu di malam hari. Konon jika pengendara yang melintas jalan tersebut akan muncul sosok anak kecil yang suka memperlihatkan diri kepada pengguna jalan dengan menggendong sebuah boneka panda. Sosok anak kecil yang diketahui bernama Uci itu pun suka bergelantungan bersama bonekanya. Karena saat kecelakaan yang menimpanya, Uci saat itu terhantam mobil hingga terpental dan boneka yang digenggamnya terlempar sampai ke pohon.

6.Terowongan Casablanca

Terowongan Casablanca yang terdapat di Jalan Basuki Rachmat, Jakarta Timur memang terkenal angker. Dahulu menurut cerita penduduk disana, terowongan casablanca adalah bekas kuburan massal. Banyak sekali peristiwa aneh yang sering terjadi di dalam terowongan itu. Biasanya sering terjadi kecelakaan karena pengendara motor atau mobil melihat sesosok perempuan tiba-tiba menyeberang di hadapan kendaraannya, sehingga pengemudi kendaraan tiba-tiba banting setir dan menabrak pembatas jalan. Banyak cerita mistis yang dipercaya masyarakat menjadi penyebab jalan tersebut menjadi sangat angker. Jauh sebelum adanya pembangunan jalan Layang Non Tol yang dibangun Pemprov DKI, setiap memasuki tengah malam lokasi ini menjadi sosok menakutkan bagi sebagian orang.

7. Jembatan Semanggi (Jakarta)

Buat yang mengetahui tragedi Jembatan Semanggi pada tahun 1998. Jakarta dalam sejarahnya tidak lepas dari Tragedi Semanggi pada tahun 1998 tersebut. Di tahun tersebut banyak terdapat korban jiwa yang melayang. Konon di jembatan ini sering terlihat arwah penasaran korban tragedi tersebut.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler