fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima Sungai Tertua di Dunia

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Walaupun para ilmuwan tidak mengetahui secara pasti usia sungai yang sebenarnya, Namun selama ini para ilmuwan menguji usia sungai melalui sedimen dan batuan disekitarnya untuk menentukan usia sungai. Karena hal ini sering ada banyak perdebatan mengenai sungai tertua di dunia. Dalam artikel ini, kami telah menentukan lima sungai tertua di dunia yang usianya telah diteliti oleh para ilmuwan. Walaupun dalam beberapa penelitian baru hal ini dapat menguah usia sungai, Namun secara keseluruhan usia sungai tertua di dunia berusia lebih dari 300 juta tahun yang terbentuk pada saat aktivitas geologis sangat tinggi.  Berikut lima sungai tertua di dunia yang kami lansir dari laman oldest.org.

Sungai Nil

Diketahui bahwa Sungai Nil adalah sungai terpanjang di dunia dengan panjang 6.853 km. Sungai nil juga sering dikaitkan dengan peradaban pertama di dunia sehingga sering disebut-sebut sebagai sungai tertua di dunia karena ini. Namun faktanya adalah sungai nil adalah sungai ketujuh tertua di dunia dalam daftar kami. Sungai Nil diperkirakan berusia setidakanya 30 juta tahun dan mulai terbentuk ketika Laut Mediterania mulai menguap. Meskipun Sungai Nil telah mengaliri 11 negara, namun sebagian besar sungai ini dikaitkan dengan Mesir dan Peradaban Mesir Kuno yang terbentuk sekitar 3.000 SM. Tanpa Sungai Nil, Bangsa Mesir Kuno tidak pernah menjadi salah satu peradaban terbesar dalam sejarah dunia.

Berita Lainnya  Resep Menu Bakso Kuah Pedas

Sungai Colorado

Sungai Colorado adalah salah satu sungai paling terkenal di dunia dan salah satu sungai paling penting di Amerika Serikat Barat Daya. Disini Anda tidak bisa berbicara tentang Sungai Colorado tanpa menyebutkan Grand Canyon yang dibentuk oleh Sungai Colorado karena keduanya saling terkait. Telah ada perdebatan panjang dalam komunitas ilmiah tentang berapa usia Sungai Colorado dan Grand Canyon sebenarnya. Para ilmuwan tahun bahwa Sungai Colorado modern terbentuk sekitar 6 juta tahun yang lalu, tetapi nenek moyang sungai pertamakali terbentuk pada 70 juta tahun yang lalu. Sementara para ilmuwan tidak sepakat tentang usia pasti Sungai Colorado dan Grand Canyon tetapi semua ilmuwan percaya bahwa Sungai Colorado dan Grand Canyon keduanya terbentuk pada 80 juta tahun yang lalu setelah laut meninggalkan daerah ini.

Sungai Susquehanna

Selain Sungai Colorado, Amerika Serikat juga memiliki Sungai Tertua di Dunia lainnya yaitu Sungai Susquehanna yang berada di Pegunungan Appalachian melintasi kota Maryland, Pennsylvania dan New York. Ada bukti geologis bahwa Sungai Susquehanna lebih dulu terbentuk dari Pegunungan Appalachian lebih dari 300 juta tahun yang lalu. Karena hal ini ada yang mengatakan bahwa Susquehanna adalah sungai tertua di dunia atau sungai kedua tertua di dunia. Pada tahun 2016, Sungai Susquehanna terdaftar pada urutan ketiga dalam daftar America River Most Endangeraed Rivers di America Rivers. Menurut America Rivers, Sungai Susquehanna ditambahkan ke daftar karena berdapak negatif pada Bendungan Conowingo. Dam telah merubah aliran sungai, memblokir ikan dan mempengaruhi kualitas air sungai Susquehanna dan Teluk Chesapeake yang merupakan tujuan kahuir aliran sungai.

Berita Lainnya  Lima Resep Oatmeal agar Tidak Membosankan

French Broad River

French Broad River terkait erat dengan sungai tertua di dunia lainnya bersama Sungai Susquehanna karena kedua sungai ini mengalir melalui Pegunungan Appalachian yang diperkirakan telah berusia sekitar 300 juta tahun. Seperti halnya sungai baru, French Broad River diyakini sebagai salah satu sungai tertua di dunia dan sering dikatakan sebagai sungai tertua ketiga di dunia setelah Sungai Nil dan Sungai Baru. Mitos bahwa French Broad River adalah sungai tertua ketiga di dunia tetap ada walaupun ada bukti dari para ilmuwan yang mengatakan bahwa mereka tidak tahu pasti apakah itu yang tertua ketiga di dunia. Para ilmuwan mengakui bahwa ada kenubgkinan nyata bahwa luas Perancis dan Sungai Baru, tetapi bukan Sungai Nil yang telah berusia ratusan juta tahun. Walaupun French Broad River tidak setua yang diperkirakan banyak orang, namun memang benar bahwa sungai ini mengalir dari selatan ke utara bukannya utara ke selatan.

Sungai Meuse

Berita Lainnya  Mengenal Penyakit Pink Eye Pada Anak

Diketahui bahwa Sungai Meuse mengalir mlewati negara Perancis, Belgia dan Belanda sebelum memasuki Laut Utara. Meuse telah membedah Ardennes yang berasal dari era Paleozoikum yang membuat Sungai Meuse terbentuk pada 300 juta tahun yang lalu. Lahan basah disekitar Meuse dianggap sebagai hostpot keragaman hayati dengan banyak spesies langka. Beberapa burung paling langka hidup disekitar Sungai Meuse seperti burung eurasian, jagung dan winchat yang hampir punah. Karena keragamannya ini, Sungai Meuse telah menjadi rumah bagi spesies yang terancam punah.

 

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler