fbpx
Connect with us

Peristiwa

Mulai Persiapan, Petani Garam Targetkan Produksi Puluhan Kwintal Tahun Ini

Diterbitkan

pada tanggal

Tanjungsari,(pidjar.com)–Kelompok Petani Garam Tirtabahari di Pantai Sepanjang, Kecamatan Tanjungsari menargetkan mampu memproduksi hingga hampir setengah ton garam di tahun 2018. Target itu diyakini dengan asumsi sudah adanya sarana prasarana yang tersedia.

Ketua Kelompok Petani Garam Tirtabahari, Winarto mengatakan, bantuan dari pemerintah provinsi sebesar Rp 300 juta yang disalurkan melalui APBDes telah dibelanjakan oleh pihak Pemerintah Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari. Dari dana tersebut, pihaknya akan mendapatkan peralatan penunjang pertanian.

"Kami sudah dapat laporan bahwa peralatan sudah dibelikan oleh pemerintah desa. Selasa (09/01) kemarin sudah ada rapat," kata Winarto, Kamis (11/01/2018).

Dalam rapat yang dibahas, dana tersebut telah digunakan untuk pembelian beberapa alat penunjang pertanian seperti bak penampung air laut, pipa, pompa air dan meja produksi. Melihat produksi pada tahun lalu, pihaknya optimis akan mampu menciptakan garam sebanyak 48 kwintal selama 3 bulan produksi.

Berita Lainnya  Antisipasi Permasalahan Saat Mudik, Polres Gunungkidul Siapkan Puluhan Pos

"Mejanya kan ada 40, kita target dapat memproduksi garam 10 Kg per meja," imbuh dia.

Ditambahkan, potensi air laut Pantai Sepanjang yang mampu menghasilkan garam dengan kadar yodium diatas standar membuat antusias petani semakin tinggi. Namun demikian, terkendalanya cuaca masih menjadi halangan.

"Kita hanya bisa produksi saat musim kemarau saja, ya sekitar 3 bulan. Jadi angka setengah ton itu merupakan proyeksi apabila tidak ada hujan selama masa produksi garam," lanjut dia.

Persiapan Produksi Sudah Mencapai Hampir 100 Persen

Sementara itu, Ketua Tim Pengelola Kegiatan Desa Kemadang, Surono mengatakan bahwa tidak hanya peralatan saja yang sudah tersedia. Namun lokasi pembuatan garam pun sudah siap untuk dibangun gudang.

"Kemarin belum menemui titik terang mengenai lokasi. Setelah rapat, lokasi yang nantinya akan digunakan untuk produksi yakni di lahan pertanian tak jauh dari bibir pantai. Dipilihnya lokasi itu untuk mempermudah para petani dalam proses produksi," lanjut Surono.

Berita Lainnya  Geng Motor Mengamuk di Pantai Selatan, Rusak Rumah Makan dan Bakar Motor

Dikatakannya, pembangunan gudang akan mulai dikerjakan pada Kamis hari ini. Hanya tinggal menunggu droping material ke lokasi, pengerjaan akan segera dilakukan.

"Semua peralatan sudah siap. Barang-barang yang rencananya dibelanjakan juga sudah ada. Laporan sudah kami buat, kami pun siap jika akan dilakukan audit," tegas ketua TPK.

Kematangan persiapan serta cepatnya tim dalam menanggapi bantuan dari pemerintah mendapat apresisasi dari Kades Kemadang, Sutono. Dirinya berharap dengan adanya bantuan serta peralatan yang memadai nantinya dapat menyejahterakan warganya.

"Yang jelas kami dari pemerintah desa akan mendorong petani garam di wilayah kami. Mungkin kedepan, jika saat ini dikelola dengan baik maka tidak menutup kemungkinan akan menciptakan kesejahteraan baik di ekonomi maupun kehidupan sosial masyarakat," pungkas dia.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler