fbpx
Connect with us

Sosial

Pengurus IKG Bali Dikukuhkan Bupati, Bentuk Solidaritas dan Budaya Jawa di Perantauan

Diterbitkan

pada

Denpasar,(pidjar.com)– Bali merupakan salah satu daerah yang menjadi tujuan warga Gunungkidul untuk merantau. Saat ini ada ratusan Kepala Keluarga (KK) dari Gunungkidul yang menggantungkan hidupnya di pulau Dewata ini. Untuk tetap menjaga silaturahmi antar warga Bumi Handayani di perantauan, mereka juga membentuk dan mengaktifkan paguyuban yaitu Ikatan Keluarga Gunungkidul (IKG) Bali.

Berbagai kegiatan diadakan oleh para perantau ini, hal itu dimaksudkan untuk menjaga hubungan dan melepas kerinduan akan daerah asal mereka. Pada Kamis (21/07/2022) kemarin kepengurusan IKG Bali resmi dikukuhkan oleh Bupati Gunungkidul, Sunaryanta di sebuah bangunan Joglo yang berada di Denpasar, Bali. Suasana Jawa, khususnya Gunungkidul begitu terasa kental.

Bagaimana tidak, meski acara di Bali namun dikemas sedemikian rupa agar seperti berada di Gunungkidul. Warga perantauan ini menggunakan pakaian adat Jawa, tabuhan gamelan mengiringi acara dari awal hingga akhir.

Dalam acara tersebut, Sugiyamto yang merupakan warga asli Gunungkidul resmi dikukuhkan menjadi Ketua IKG Bali. Ia menjelaskan, di Bali ada ratusan KK yang merantau sejak belasan hingga puluhan tahun lalu. Mereka menggantungkan hidupnya di Pulau Dewata ini untuk mendapatkan penghasilan yang lebih dan dapat merubah kesejahteraan mereka. Bahkan dalam satu kawasan terdapat blok warga yang berasal dari Bumi Handayani.

“Disini kami tersebar di beberapa daerah (kabupaten/kota) menyesuaikan dengan pekerjaan kami. Untuk merekatkan hubungan sauadara ya di sekretariat Denpasar ini kita lakukan pertemuan dan kegiatan-kegiatan. Kedepan tentunya akan banyak kegiatan yang terselenggara,” terang Sugiyamto.

Sugiyamto mengatakan IKG Bali akan terus mengembangkan diri baik dari unsur pendidikan sosial dan bidang lainya, tidak kalah penting IKG akan terus bersinergi dengan pemerintah daerah untuk membangun dan memajukan Gunungkidul.

“Apa yang bisa kami perbuat untuk tetap berkontribusi dalam memajukan Gunungkidul di tanah rantau. Mungkin berkaitan dengan pariwisata atau promosi produk asli Gunungkidul agar meluas pemasarannya,” jelasnya.

Ia menekankan, perhatian dari Bupati dan Pemerintah Gunungkidul juga sangat dibutuhkan. Sugiyamto  menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Bupati bersama dengan rombongan OPD Gunungkidul dalam pengukuhan pengurus IKG Bali. Beberapa kali ia dan warga lainnya menyampaikan sanjungan dan ucapan terimakasih.

“Saya mewakili warga perantauan mengucapkan terimakasih atas kehadiran Bapak Bupati beserta rombongan dinas yang mau menyempatkan menghadiri acara kami ini ditengah kesibukan menjalankan pemerintahan,” ucap Sugiyamto.

Sementara itu, IKG merupakan organisasi sosial yang selama ini mengemban amanat leluhur dengan membangun dan melestarikan ikatan kekeluargaan dan persaudaraan sesama warga asal Kabupaten Gunungkidul yang tinggal di perantauan. Organisasi ini, aktualisasi dari cirikhas dan karakter warga Gunungkidul yang sangat kuat dalam ikatan kekeluargaan, kebersamaan dan semangat gotong-royongnya.

“Kerukunan dan silaturahmi warga Gunungkidul di tanah perantauan ini luar biasa harus tetap dijaga,” ucap Sunaryanta.

Sunaryanta juga berharap, IKG turut meningkatkan dan mendorong investasi di Gunungkidul, terutama sektor pariwisata maupun sektor pertanian dalam arti luas. Investasi menjadi faktor penting, karena akan berpengaruh positif dalam memulihkan kondisi pariwisata Gunungkidul yang sempat menurun, karena terdampak Covid-19.

Hal ini sesuai dengan visi misi bupati Gunungkidup yang berkaitan dengan investasi, pariwisata, dan ekonomi kerakyatan. Ia meyakini jika semuanya bergerak pastinya pertumbuhan ekonomi akan semakin meningkat kembali.

“Tentunya harus diimbangi dengan sumber daya manusia yang mumpuni dan unggul. Mudah-mudahan warga Gunungkidul yang berada disini (Bali) nantinya bisa kembali ke tanah kelahiran untuk turut berkontribusi dalam pembangunan daerah, pengalaman di daerah yang berkembang pesat antara investasi dan pariwisatanya ini bisa menjadi modal untuk membangun Bumi Handayani,” imbuh dia.

“Saya ucapkan selamat kepada pengurus terlantik. Jaga amanah warga perantuan dan lakukan kegiatan-kegiatan yang membangun,” tutupnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler