fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima Bahan Alami Penghilang Karat

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Karat dapat muncul ketika peralatan makan tidak dikeringkan dengan benar, atau dicuci dengan cara yang tidak cocok.  Jika Anda melihat karat pada sendok atau alat-alat makan lainnya, jangan terburu-buru membeli pembersih dan penghilang karat yang harganya mahal. Semua yang Anda butuhkan mungkin saja terdapat di dalam rumah. Berikut ini kami akan menyajikan bahasan mengenai beberapa metode murah dan alami untuk menghilangkan karat pada sendok. Segera cek ya!

Jus Lemon

Anda pasti sudah tahu kalau buah lemon memiliki banyak manfaat, yang salah satunya dapat menghilangkan noda karat pada sendok dan peralatan makan metal lainnya. Kadar asam yang tinggi pada lemon mampu merontokan banyak noda termasuk karat yang menempel pada sendok. Cara melakukannya juga sangat mudah. Anda hanya perlu memeras beberapa buah lemon ke dalam wadah kecil atau wadah yang mampu memuat sendok-sendok yang ingin dihilangkan karatnya. Agar perasan air lemonnya banyak, Anda bisa menaruh buah lemon terlebih dahulu pada microwave dan memanaskannya selama 20 detik. Baru setelah itu peras lemon tersebut. Setelah sejumlah air lemon terkumpul dalam wadah, selanjutnya Anda cukup merendam sendok-sendok berkarat di dalam larutan air lemon selama beberapa menit, lalu angkat dan bersihkan. Zat asam dalam jus lemon mampu melunturkan karat sehingga lebih mudah untuk digosok.

Kentang

Selain lemon yang menyegarkan, sayuran kentang yang lezat juga ternyata bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan karat pada sendok loh. Mengapa bisa? Di dalam kentang terdapat sebuah zat asam bernama oksalat yang dapat membantu menghilangkan karat. Hanya saja metode ini paling baik diaplikasikan pada sendok yang berukuran kecil. Caranya juga cukup mudah. Ambil saja kentang yang panjangnya sama atau hampir sama dengan sendok berkarat. Lalu tusukkan sendok tersebut ke dalam kentang dan pastikan bagian berkaratnya masuk semua. Kemudian biarkan selama seharian penuh atau semalaman sebelum melepas sendok tersebut. Jika sudah, Anda tinggal menggosok sendok berkarat tersebut hingga bersih. Bagaimana? Merasa sayang dengan kentangnya? Jika menurutmu hal ini cukup merugikan, mari gunakan cara lainnya di bawah ini. Tapi iya juga sih kentang-kentang ini baiknya dibikin perkedel atau kentang goreng khas kedai ayam goreng tepung. Dicocol dengan saus sambal pedas pasti lebih nikmat.

Berita Lainnya  Tidak Hanya Beri Keuntungan, Ternyata Teknologi Bisa Sebabkan Gangguan Mental

Cuka

Nah, metode yang ini mungkin lebih terjangkau dibandingkan dengan dua metode di atas yang mengharuskan kita mengorbankan bahan-bahan makanan yang nikmat. Siapa di sini yang tidak mengenal cuka? Yang doyan makan mie bakso pasti sudah sangat akrab dengan cairan yang bernama cuka ini. Cuka yang rasanya asam ini cukup umum ditemukan di dapur-dapur rumah tangga. Selain digunakan sebagai pelengkap beberapa makanan, cuka juga dapat berguna sebagai penghilang karat yang baik. Selain tidak beracun, cuka juga murah dan mudah didapatkan di warung-warung. Cukup tuangkan cuka ke dalam wadah yang sesuai dengan ukuran sendok berkarat dan biarkan hal itu direndam selama beberapa jam atau semalaman. Setelah perendaman selesai, Anda bisa dengan mudah menggosok karat yang menempel pada sendok. Cuka putih memang bisa diandalkan dalam hal ini, tetapi cuka sari apel diklaim dapat melakukan pekerjaan yang lebih baik pada karat yang keras.

Berita Lainnya  Tips Memilih Riasan Untuk si Kulit Sawo Matang

Soda Kue

Jika Anda mempunyai soda kue di dapur, Anda juga dapat memanfaatkan hal tersebut untuk mengangkat noda karat pada sendok dan berbagai peralatan makan lainnya. Jika belum punya, Anda bisa membeli soda kue di toko bahan-bahan kue dekat rumah. Harganya juga tidak mahal alias terjangkau. Untuk membersihkan sendok dari karat dengan soda kue, Anda hanya perlu membuat pasta sederhana dengan cara mencampurkan soda kue dengan air. Tidak ada takaran pasti berapa jumlahnya, namun cukup tambahkan air ke dalam beberapa sendok makan soda kue hingga menghasilkan pasta yang cukup kental.

Garam dan Jeruk Nipis atau Lemon

Cara yang kelima ini hampir sama dengan cara yang pertama. Hanya saja di sini Anda mendapat bantuan garam untuk menghilangkan karat pada sendok. Sama seperti zat asam dalam lemon yang mampu membasmi karat, zat asam pada jeruk nipis juga cukup handal untuk melakukan tugas bersih-bersih ini. Dengan bantuan garam yang lembut-lembut kasar, karat pada sendok dapat dengan mudah dihilangkan. Caranya juga sangat mudah, yaitu dengan mencampurkan larutan lemon atau jus jeruk nipis dengan taburan garam dan biarkan sendok berkaratmu terendam dalam cairan asam asin tersebut selama beberapa jam. Kemudian Anda bisa menggosok sendok-sendok tersebut menggunakan sikat gigi bekas atau sejenisnya. Fokuskan gosokan pada area berkarat, lalu setelahnya bilas dengan air bersih dan periksa hasilnya. Jika sendokmu kembali kinclong dengan metode ini kami ucapkan selamat.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler