fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima Soto Legendaris Jogja  sebagai Jujugan Kuliner

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Selain gudeg, soto daging juga merupakan masakan khas Jogja yang wajib banget Anda  icip-icip. Dari segi rasa, cara penyajian, harga maupun suasana tempat sangat recommended. Kuah soto di Jogja juga sangat unik karena kadang menggunakan tambahan daun kemangi segar. Jadi aromanya makin sedap. Hangatnya kuah kaldu bening berpadu daging yang empuk menjadi ciri khas yang ngangenin. Pas banget untuk menu sarapan dan makan malam saat liburan di Jogja. Nah, berikut list tempat makan soto yang  enak di Jogja. Mana dulu nih yang mau Anda coba?

Soto Uwuh (Soto Sampah)

Jangan bilang Anda  pernah ke Jogja sebelum cobain Soto Uwuh yang terletak di Jalan Kranggan tidak jauh dari Tugu. Uniknya soto uwuh ini beda cara penyajian dari soto lain pada umumnya, yaitu dengan piring dan gajih diantara tauge, bihun dan kol nya. Soto uwuh itu buka jam 9 malam sampai jam 3 pagi, cocok buat makan malam dengan harga yang sangat affordable tentunya, berkisar 8.000-10.000 rupiah tergantung Anda  nambah lauk nya apa ya. Kalau favoritnya sih sama mendoan dan bakwan yang baru aja di goreng. Alamatnya Jl. Kranggan No.2, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55233. Jam Buka 21.00-03.00.

Soto Pak Marto

Terletak di depan JEC, GedongKuning, kedai soto yang ada sejak 1960-an ini terkenal dengan kuah kaldunya yang bening, segar dan gurih. Satu porsi Soto Pak Marto dibandrol dengan harga 12.000. Rekomendasi favoritnya sih jelas soto yang pakai babat. Alamatnya di Jl. Mayor Jenderal S. Parman, No. 44, Notoprajan, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122. Jam Buka adalah 05.30-16.00.

Soto Pak Sabar

Sempurna. Itulah kata yang mungkin cocok buat menggambarkan nikmatnya satu porsi Soto Pak Sabar. Seporsi sotonya disajikan dengan irisan daging, toge, daun seledri, juga irisan kol. Enak lagi kalau ditambah babat iso goreng. Meski kedainya sederhana, sensasi kelezatan sotonya tak mengurangi minat pelanggan buat datang. Harga menu di sini berkisar Rp 7.000-15.000. Alamat warung ini di Jl. Gedongkuning Sel. No.131, Rejowinangun, Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55171. Jam Buka 07.00-16.00.

Soto Kadipiro

Legendaris, kata ini cukup menggambarkan Soto Kadipiro yang sudah berdiri sejak 1920-an di Jogja yang telah memiliki beberapa cabang. Beralamat di Jl. Wates No. 33 Yogyakarta, soto Kadipiro memiliki keistimewaan kuah beningnya yang sangat terasa kaldunya. Satu porsi sotonya cuma seharga 13.000. Biar makin komplet, tambahin perkedel, aneka sate dan ati ampela. Jam Buka 08.00-21.00

Soto Pites Mbah Galak

Kalau sedang berkeliling Malioboro, Anda  wajib berhenti ke Pasar Beringharjo untuk mencicipi Soto Pites Mbah Galak yang terletak di lantai 1 Pasar Beringharjo. Yang membuat soto ini menjadi unik karena cabe rawit nya yang dipites (geprek) menggunakan ibu jari di dalam mangkok sebelum disajikan. Selain itu, para pembeli juga tahu kalau penjualnya yang dulu terkenal judes sehingga pengunjung menjulukinya “galak”. Untuk harganya pun cuma berkisar Rp 15.000-20.000.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler