fbpx
Connect with us

Info Ringan

Mengenal Tujuh Jenis Saus untuk Pasta

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Selain saus jamur, ada banyak saus pasta asli dari Italia yang ternyata juga memiliki citarasa yang tak kalah lezat. Nah, kira-kira, saus pasta apa sajakah yang masuk dalam daftar? Yuk, simak langsung saja pembahasannya di bawah ini.

Marinara

Yang pertama, ada saus marinara. Saus ini terbuat dari bahan-bahan seperti tomat, bawang putih, bawang merah  sebagai bahan utamanya. Terkadang, bahan-bahan lain seperti minyak zaitun, wine dan rempah-rempah. Saus marinara biasa digunakan untuk macam-macam pasta seperti spaghetti, vermicelli dan hidangan Italia lainnya.

Pesto

Pesto adalah saus berwarna hijau yang berasal dari Genoa, ibukota wilayah Liguria, Italia. Pesto terbuat dari campuran kacang pinus, bawang putih, basil, garam kasar serta keju parmesan yang dihaluskan. Saus ini juga menggunakan minyak zaitun. Pesto sendiri punya beberapa varian. Ada pesto alla siciliana, atau pesto rosso. Saus pesto ini berasal dari Sisilia, Italia. Bahan yang digunakan untuk membuat pesto alla siciliana sama dengan pesto dari Genoa, tetapi menggunakan tomat sebagai tambahannya. Selain pesto alla siciliana, ada juga pesto alla calabrese yang berasal dari Calabria. Saus ini punya citarasa yang pedas karena menggunakan paprika dan merica sebagai bahan tambahannya. Terkadang, pesto juga dibuat dengan kacang almond sebagai pengganti kacang pinus, lho. Pesto biasa digunakan sebagai saus untuk aneka hidangan pasta.

Berita Lainnya  Tujuh Manfaat Ruangan Bergaya Patio

Alfredo

Selain pesto, alfredo juga adalah saus pasta yang paling banyak digunakan. Saus ini dibuat di restoran Alfredo di Roma pada tahun 1914. Saus kental ini terbuat dari krim kental, mentega, keju parmesan parut, garam, merica dan air serta beberapa bahan lainnya. Saus ini dibuat dengan cara melelehkan mentega dengan api kecil, lalu dicampur dengan krim kental serta keju parmesan. Kemudian, sausnya dibiarkan mendidih hingga matang dan mengental. Setelahnya, baru saus diberi garam dan merica sebagai penyedap rasa. Umumnya, saus alfredo diberi tambahan air agar teksturnya lebih encer. Saus alfredo tentu saja cocok untuk dihidangkan dengan berbagai macam pasta. Hidangan Italia populer, Fettuccine Alfredo juga menggunakan saus ini, lho. Ya, hidangan tersebutlah yang pertama kali mempelopori penggunaan saus alfredo pada pasta. Ingin mencoba kelezatan saus alfredo? Kamu bisa membeli sausnya di supermarket atau membuatnya sendiri di rumah.

Berita Lainnya  Enam Tahapan Facial Sendiri di Rumah

Ragù (Bolognese)

Dibuat oleh Alberto Alvisi di abad ke-18 lalu, ragù atau yang dikenal dengan nama bolognese sauce adalah satu dari sekian banyak jenis-jenis saus pasta yang paling populer. Saus ini berbahan dasar daging yang dicampur dengan bahan lainnya seperti susu dan tomat yang kemudian dimasak. Saus ini biasa disajikan dengan spaghetti. Saus dengan citarasa lezat ini mudah didapatkan dimana-mana.

Amatriciana

Amatriciana adalah saus pasta yang berbahan dasar pipi babi asap, keju pecorino atau keju yang terbuat dari susu kambing, tomat dan juga bawang merah dan minyak zaitun. Saus ini berasal dari Kota Amatrice, Italia. Saus amatriciana ini biasanya menjadi pelengkap berbagai jenis pasta. Salah satunya pasta bucatini yang memiliki bentuk yang mirip dengan spaghetti dalam hidangan bucatini all’ Amatriciana.

Berita Lainnya  Resep Spaghetti Aglio E Olio

Arrabbiata

Selanjutnya ada saus arrabbiata. Saus asal Lazio ini terbuat dari bawang putih, tomat dan cabai merah yang dikeringkan. Saus arrabbiata yang bercitarasa pedas ini kerap kali dihidangkan dengan pasta penne. Terkadang, saus arrabbiata juga ditambahkan dengan basil, parsley atau oregano.

Aglio e Olio

Aglio e Olio adalah saus pasta yang terbuat dari bawang putih dan terkadang dicampur dengan fillet ikan teri dan merica, yang dibuat dengan cara dimasak menggunakan minyak zaitun. Saus ini biasa dijadikan pendamping untuk hidangan spaghetti aglio e olio. Bukan hanya spaghetti, pasta lain seperti fettuccine juga bisa dihidangkan dengan saus ini.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler