fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima Manfaat Unik Dari Cangkang Telur

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Siapa sangka sampah rumah tangga memiliki fungsi yang sangat bermanfaat. Ya, Ini benar! Sampah semacam kulit telur (cangkang) yang biasanya langsung Anda lempar setelah mengeluarkan isinya memiliki manfaat yang luar biasa hebat, baik untuk hiasan hingga perawatan kecantikan. Tak percaya? Yuk Anda intip apasaja manfaatnya.

Masker

Tidak hanya sebagai hiasan yang cantik, cangkang telur juga bisa Anda manfaatkan untuk kecantikan lho. Ya, cangkang telur yang biasanya langsung dibuang ke tempat sampah ini ternyata sangat bagus untuk perawatan kulit terutama wajah. Cara menjadikan cangkang telur sebagai masker wajah ini sangat mudah. Awalnya, Anda cuci cangkang hingga bersih lalu keringkan. Setelah kering, tumbuk cangkang hingga benar-benar lembut. Untuk memastikan kadar kelembutan cangkang, Anda bisa mengayak hingga menjadi serbuk. Nah, serbuk cangkang telur tersebut Anda campurkan dengan putih telur, aduk hingga rata dan bisa langsung dipakai sebagai masker. Dijamin, setelah masker kering dan bilas wajah dengan air. Kulit wajah akan terasa lebih kencang, halus dan terlihat lebih putih.

Perban

Berita Lainnya  Enam Alasan untuk Memelihara Kucing

Tergores akibat kecelakaan dan tidak ada perban? Tak perlu cemas dan panik. Jika Anda memiliki cangkang telur, maka Anda bisa memanfaatkannya sebagai perban untuk mengobati luka tersebut. Cara menggunakan cangkang telur sebagai perban, Anda bisa coba remukan cangkang telur. Setelah itu gunakan sebagai perban untuk menutup luka. Biarkan hingga mengering hingga cangkang mengelupas sendiri.

Menghaluskan Tumit

Memiliki tumit kering atau pecah-pecah? Pasti kadar percaya diri Anda bisa jadi turun ketika ingin mengenakan sepatu yang terlihat tumit. Tapi kini Anda tak perlu khawatir lagi! Tumit kering bisa disembuhkan dengan cangkang telur saja lho. Caranya gampang, hancurkan cangkang telur lalu gosokan pada tumit dan tunggu hingga area cangkang mengering. Bilas dengan air bersih. Kandungan hyaluronan dalam cangkan telur mempunyai efek untuk melembutkan kulit kasar.

Pupuk

Puas dengan manfaat cangkang telur sebagai kecantikan, kini beralih pada manfaatnya sebagai pupuk. Sedikit informasi bahwa Kulit telur memiliki kandungan zat kalsium. Zat kalsium inilah yang biasa dibutuhkan untuk menyuburkan tanaman. Maka dari itu, cangkang telur bisa Anda gunakan sebagai pupuk organik. Untuk membuat pupuk dari cangkang telur mudah saja. Hancurkan cangkang hingga halus, lalu sebarkan di sekitar tanaman. Cangkang akan hancur dengan sendirinya, kemudian melepaskan zat kalsium ke dalam tanah hingga nantinya diserap oleh tanaman, khususnya tanaman mawar. Mudah bukan?

Berita Lainnya  Tujuh Tips Agar Berat Badan Tetap Langsing

Pembasmi Hama

Sering menemukan bekicot di seAndar pekarang rumah? Selain menggelikan, bekicot adalah hama yang jahat untuk tanaman. Mengapa? karena bekicot akan menyerap nutrisi tanaman hingga nantinya tanaman akan layu dan mati. Nah, manfaat cangkang telur yang selanjutnya ini dapat menangkal hama bekicot tersebut. Untuk menangkalnya, Anda bisa sebarkan pecahan cangkang telur di seAndar area bekicot sering eksis. Cangkang telur yang tajam akan menghalangi bekicot untuk datang menghampiri tanaman kesayangan Anda lagi. Sangat praktis bukan?

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler