fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Gejala Demam Berdarah yang Harus Diwaspadai

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Demam Derdarah atau Demam Berdarah Dengue adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Dengue yang menginfeksi melalui gigitan nyamuk jenis Aedes  aegypti dan Aedes albopictus yang hidup diwilayah tropis dan subtropis. Di Indonesia, demam berdarah adalah salah satu penyakit dengan jumlah penderita yang meningkat setiap tahun dan lebih beresiko menyerang orang yang memiliki kekebalan tubuh rendah. Berikut ini adalah gejala demam berdarah yang perlu kamu ketahui dilansir dari idntimes!

Suhu Badan Yang Tinggi

Adanya virus dalam darah menyebabkan demam tinggi yang biasanya terjadi selama tiga sampai empat hari. Penderita pada fase ini juga mengalami penurunan trombosit secara drastis karena terdapat kelainan dalam pembuluh darah. Demam ini bisa mencapai 40 derajat celcius, yang menjadi pembeda dengan demam lainnya.

Berita Lainnya  Resep Sup Kepiting Asparagus

Ruam Kemerahan Pada Tubuh

Ruam merah yang muncul pada awal gejala demam berdarah biasanya terdapat pada daerah wajah, leher dan dada serta akan menyebar keseluruh tubuh sekitar 2-5 hari setelah demam.

Sakit Kepala Berlebihan

Setelah mengalami demam, maka akan muncul sakit kepala berat yang biasanya terjadi di daerah dahi hingga belakang kepala.

Mual Dan Muntah

Gangguan pencernaan juga menjadi salah satu gejala demam berdarah yang di tandai dengan mual dan muntah serta juga akan terdapat nyeri pada sendi atau otot disertai tubuh menggigil dan berkeringat secara berlebihan.

Menurunnya Nafsu Makan

Setelah mengalami mual dan muntah tentunya berdampak pada turunnya nafsu makan penderita demam berdarah. Kurangnya asupan makanan yang masuk kedalam tubuh membuat penderita akan merasa cepat kelelahan dan menurunnya sistem kekebalan tubuh.

Berita Lainnya  Lima Manfaat Diet Vegan

Nyeri Pada Bagian Mata

Dikarenakan virus, maka terjadi pembengkakan pada pembuluh darah salah satunya di area mata yang menyebabkan mata menjadi sakit khususnya pada bagian belakang mata.

Membengkaknya Kelenjar Getah Bening

Tubuh memiliki kelenjar getah bening yang berfungsi untuk memerangi infeksi termasuk infeksi virus demam berdarah yang menyebabkan pembesaran hingga terjadi pembengkakan pada kelenjar ini.

Gejala-gejala tersebut diatas dapat berakibat fatal pada penderita yang bisa berujung pada kematian. Untuk itu, sangat perlu untuk mengenali gejala demam berdarah sejak dini agar penderita dapat ditangani dengan cepat dan benar.

 

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler