fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Sungai Terpanjang Di Indonesia

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Bumi dapat dibagi ke dalam dua bagian secara geografis yaitu daratan dan lautan. WWF menyebutkan bahwa luas lautan menempati 70% dari bumi, sedangkan daratan merupakan wilayah yang nggak tertutupi oleh lautan sehingga bisa digunakan sebagai tempat untuk manushidup walau permukaan daratan bisa berubah karena volume air laut. Terpisah dari laut, daratan mempunyai wilayah perairan. Wilayah tersebut mencakup danau, rawa dan sungai. Semuanya mempunyai karakteristik sama yaitu bagiannya lebih rendah dari tanah di sekitarnya. Ada banyak sungai yang terdapat di Indonesia dan beberapa mempunyai panjang yang luar biasa. Apa saja enam sungai terpanjang di Indonesia? Simak ulasannya berikut ini!

Sungai Kapuas

Sungai Kapuas merupakan sungai yang berada di wilayah provinsi Kalimantan Barat. Dengan panjang mencapai 1.143 km, sungai ini menjadi sungai terpanjang di Indonesia. Mata air sungai ini berada di pegunungan Muller sementara hilirnya berada di Selat Karimata. Selain itu, sungai ini juga menjadi ikon dari ibu kota provinsi Kalimantan Barat yaitu Pontianak. Nama Sungai Kapuas diambil dari nama sebuah daerah yang menjadi daerah hulunya yaitu Kapuas yang sekarang bernama Kapuas Hulu. Dulu sungai ini disebut sebagai Batang Lawai karena mengacu pada wilayah sungai mengalir yaitu dari Kabupaten Melawi. Sungai ini dijadikan sebagai sarana transportasi sekaligus mata pencaharian bagi masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan.

Sungai Mahakam

Sungai Mahakam merupakan sungai yang berada di wilayah Provinsi Kalimantan Timur dan merupakan sungai terbesar di seluruh provinsinya. Sungai ini memiliki panjang 920 km. Hulunya berada di Kabupaten Kutai Barat sedangkan hilirnya berada di wilayah Kabupaten Kutai Kertanegara dan Kota Samarinda. Ada beberapa anak dari Sungai Mahakam yaitu Sungai Belayan, Sungai Lawa, Sungai Kedeng Kepala, Sungai Telen dan Sungai Tenggarong. Sungai ini menjadi sumber penghasilan bagi penduduk yang tinggal di sekitarnya. Selain itu juga dimanfaatkan sebagai tempat wisata dengan adanya obyek wisata Pesut Mahakam yaitu tempat kemunculan lumba-lumba air tawar di waktu tertentu.

Berita Lainnya  Lima Minuman Penambah Energi bagi Tukang Kantuk

Sungai Barito

Sungai Barito merupakan sungai yang berada di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah dan Provinsi Kalimantan Selatan. Panjangnya mencapai 909 km sedangkan lebarnya mencapau 650 sampai 800 meter dan menjadikannya sungai terlebar di Indonesia. Mata air sungai ini berasal dari Pegunungan Schwaner sedangkan hilirnya berada di Laut Jawa. Sungai Barito mempunyai dua anak sungai yaitu Sungai Martapura dan Sungai Negara dan keduanya mempunyai anak cabang sungai yang lain. Sungai ini mempunyai peranan penting dalam kehidupan ekonomi masyarakat sekitar. Saat ini sudah dibangun kanal untuk memudahkan warga untuk melintasi sungai.

Sungai Hari

Sungai Hari merupakan sungai yang terdapat di wilayah Provinsi Jambi dan Sumatera Selatan. Sungai ini mempunyai panjang 800 km. Saking panjangnya sungai ini melewati beberapa daerah yaitu Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Bungo, Kabupaten Tebo, Kabupaten Batang Hari, Kota Jambi, Kabupaten Muaro Jambi dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Mata air Sungai Hari berada di Gunung Rasan sedangkan hilirnya berada di Muara Sabak. Sungai ini pernah membuat Pulau Sumatera dijuluki sebagai Swarnadwipa atau pulau emas karena banyak menyimpan deposit emas. Sayangnya, kegiatan pertambangan dan eksploitasi hutan yang dilakukan secara berlebihan mulai menciptakan kerusakan di daerah sungai.

Sungai Musi

Berita Lainnya  Tujuh Manfaat Lendir Siput Untuk Kecantikan

Sungai Musi berada di provinsi Sumatra Selatan tepatnya di Kota Palembang yang membelah kota menjadi dua bagian. Ikon Palembang yaitu Jembatan Ampera adalah jembatan yang dibuat melintas di atas sungai ini. Panjang Sungai Musi mencapai 750 km. Mata airnya berasal dari daerah Kepahiang, Bengkulu dan hilirnya berada di daerah Sungsang. Ada sebutan lain untuk Sungai Musi yaitu Batanghari Sembilan, mengacu pada sungai ini beserta delapan sungai lain yang bermuara di Sungai Musi. Sungai ini juga mempunyai beberapa objek wisata di tepi sungainya di antaranya Benteng Kuto Besak, Pasar 16 Ilir, Restoran Terapung Riverise dan Restoran Terapung Warung Legenda.

Sungai Pulau

Sungai Pulau merupakan sungai yang mengalir di dua negara yaitu wilayah Provinsi Papua, Indonesia dan Papua Nugini. Sebelum bernama Sungai Pulau, sungai ini dalam peta Hindia Belanda sampai peta pemerintah pada tahun 2010-an masih bernama Sungai Eilanden. Sungai ini mempunyai panjang 674 km, menjadikannya sebagai sungai terpanjang di Pulau Papua.

 

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler