fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Penyebab Keputihan

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Keputihan warna putih susu dibarengi dengan gejala lain seperti bau dan gatal, itu artinya berbeda. Nyatanya, keputihan warna putih susu juga dapat terjadi dalam kondisi tidak normal atau sedang mengalami penyakit. Oleh sebab itu, kenali berbagai penyebab keputihan warna putih susu dan cara mengatasinya.

Infeksi Bakteri

Infeksi bakteri paling umum menjadi penyebab terjadinya keputihan yang tidak normal. Bacterial vaginosis (BV) merupakan bakteri yang paling umum menyerang. Bakteri ini bisa terjadi karena ketidakseimbangan antara bakteri baik dan jahat di dalam vagina. Gejala infeksi bakteri dapat berupa keputihan berwarna abu, putih, atau hijau. Selain itu keputihan juga berbau busuk dan terasa gatal.

Trichomoniasis

Trichomoniasis dapat menyebabkan keputihan berwarna kuning, hijau, dan berbau menyengat. Penularan infeksi ini dapat disebabkan oleh kontak seksual dan pemakaian handuk yang bergantian.

Berita Lainnya  Sembilan Makanan yang Mengandung Vitamin B

Klamidia

Penyebab keputihan yang tidak normal selanjutnya yaitu klamidia. Klamidia juga merupakan infeksi bakteri yang menular lewat hubungan seks. Gejala yang muncul yaitu sakit saat buang air kecil, keputihan secara terus menerus, nyeri perut bagian bawah, keputihan berwarna kuning, dan berbau tidak sedap. Cara mengatasinya dapat dengan cara tidak bergonta-ganti pasangan seks.

Gonore

Gonore juga merupakan jenis penyakit kelamin yang menyebabkan keputihan tidak normal. Gonore dapat membuat keputihan lebih banyak dari biasanya dan keluarnya nanah pada anus. Ada banyak tanda-tanda lainnya yang akan muncul ketika terinfeksi gonore ini. Kamu dapat mengkonsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Penggunaan Alat Kontrasepsi

Penyebab selanjutnya yaitu penggunaan alat kontrasepsi. Alat kontrasepsi dalam rahim atau AKDR merupakan alat kontrasepsi yang langsung dimasukkan ke dalam rahim. Penggunaan AKDR terkadang dapat menyebabkan keputihan yang berlebih. Hal ini disebabkan karena respons tubuh terhadap benda asing. Keputihan terjadi tidak berbau dan nyeri panggul atau gatal.

Berita Lainnya  Resep Brownis Kurma

Penyakit Radang Panggul

Penyakit radang panggul terjadi ketika infeksi yang ditularkan lewat seks tanpa kondom menyebar dari vagina ke rahim, saluran tuba, atau ovarium. Radang panggul pada wanita dapat menyebabkan keputihan keluar berlebih dengan warna yang tidak biasa dan berbau tidak sedap.

Radang Leher Rahim

Radang leher rahim atau servisitis merupakan peradangan yang terjadi pada ujung bawah rahim dekat bukaan vagina. Radang leher rahim tidak selalu menimbulkan gejala awal, namun akan muncul keputihan yang berlebih. Keputihan yang berlebih dapat menjadi tanda terjadinya radang pada leher rahim.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler