fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Olahan Kuliner dari Teri

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Ikan teri bisa mencegah penyakit jantung karena daging ikan ini mengandung banyak lemak tak jenuh yang mampu menekan kolesterol jahat. Selain itu, ikan teri juga memiliki kandungan vitamin E yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Nah, berikut ini adalah olahan ikan teri yang populer di Indonesia, spesial buat Anda. Ingin tahu, olahan teri apa saja yang lezat dan menggoyang lidah? Berikut daftarnya.

Sambal Teri Petai

Menu olahan ikan teri yang pertama ada sambal teri petai. Ya, siapa yang nggak senang dengan olahan satu ini? Sambal teri petai umumnya dibuat dengan cara menumis teri dan petai yang sudah digoreng bersamaan dengan bumbu halus. Bumbu halusnya sendiri terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai merah dan cabai rawit, garam, gula putih atau gula merah dan penyedap rasa. Bahan lainnya seperti daun jeruk, tomat hingga terasi juga tak jarang ikut ditambahkan, agar rasa sambal teri petainya makin nikmat.

Pepes Teri Basah

Nah, menu olahan ikan teri yang populer di Indonesia lainnya adalah pepes teri basah. Pepes teri basah dimasak dengan cara dikukus dalam daun pisang seperti olahan pepes pada umumnya. Bumbu halus untuk pepes teri basah terdiri dari beberapa bahan, di antaranya bawang putih, bawang merah, kemiri, kunyit, cabai merah lengkuas serta jahe. Bumbu halusnya ini dicampurkan dengan ikan teri dan beberapa bahan lainnya seperti daun kemangi dan daun salam garam juga gula. Seperti yang sudah disampaikan di atas, olahan pepes teri ini dimasak dengan cara dikukus hingga matang, sebelum akhirnya dibakar dengan bara api hingga harum. Hayo, siapa yang jadi lapar dan ingin menyantap makanan yang satu ini?

Berita Lainnya  Empat Alasan Celana Jeans Tidak Boleh Sering Dicuci

Rempeyek Teri

Rempeyek teri adalah satu dari sekian banyak olahan ikan teri yang populer di Indonesia. Ya, rempeyek yang satu ini tidak kalah enak dari rempeyek kacang yang juga menjadi makanan pelengkap favorit banyak orang. Rempeyek teri terbuat dari tepung beras, tepung sagu, teri medan, kuning telur, santan dan beberapa bahan lainnya. Bahan-bahan utamanya (kecuali teri) tadi dicampur sedemikian rupa dengan bumbu halus yang terdiri dari kemiri yang sudah disangrai, bawang putih, kencur hingga kunyit yang dibakar. Cara memasak rempeyek teri terbilang mudah. Cukup ambil sesendok sayur adonan, kemudian taruh teri di atasnya. Setelah itu, goreng adonan dari pinggir wajan hingga menjadi lebar. Jangan lupa siram adonan tadi dengan minyak sampai lepas. Selanjutnya, Anda tinggal menggoreng adonan rempeyek sampai matang. Mudah sekali, bukan?

Teri Cabai Hijau

Olahan ikan teri berupa teri cabai hijau juga wajib masuk dalam daftar, nih. Ya, menu makanan bercita rasa pedas ini juga amat populer dan disukai banyak kalangan, terutama oleh mereka yang suka makanan pedas. Untuk memasak teri cabai hijau, Anda perlu menyiapkan ikan teri kering beserta bahan lainnya seperti cabai hijau, bawang putih dan bawang merah, kaldu bubuk garam dan juga gula. Nah, kalau Anda sudah menyiapkan semua bahannya, haluskan bawang putih, bawang merah dan cabai. Lalu, tumis bumbu halus tadi hingga harum dan tambahkan ikan teri. Aduk rata, kemudian masak hingga matang. Nah, gimana, Anda tertarik untuk memasak menu olahan ikan teri ini sendiri di rumah?

Berita Lainnya  Enam Peluang Bisnis Menguntungkan dari Olahraga

Tumis Daun Pepaya Teri

Tumis daun pepaya teri, menu olahan yang tentunya tak kalah lezat dari olahan teri lainnya ini juga pas untuk Anda jadikan santapan siang bareng nasi hangat. Dikutip dari selerasa, bahan utama pembuatan tumis daun pepaya teri ini adalah daun pepaya yang telah direbus dalam larutan air garam, teri nasi dan santan kelapa. Sedangkan bumbu pelengkapnya berupa bawang merah, cabai merah besar dan cabai merah keriting, daun salam gula pasir, tomat, lengkuas garam, merica serta bawang putih. Cara memasaknya sendiri terbilang mudah. Anda tinggal menumis bawang merah, bawang putih, cabai merah besar dan bumbu pelengkap lainnya hingga layu.

Botok Teri

Kalau Anda tinggal di tanah Jawa, sudah pasti tak asing lagi dengan yang namanya botok teri. Ya, menu olahan ikan teri ini bisa dibilang serupa dengan pepes teri. Keduanya sama-sama dibalut daun pisang dan dimasak dengan cara dikukus. Yang menjadi pembedanya adalah, botok teri menggunakan kelapa parut sebagai salah satu bahannya. Kelapa parut ini dicampurkan dengan beberapa bahan lainnya seperti petai cina dan cabai, garam juga bawang putih dan bawang merah yang telah dihaluskan. Rasa dari botok teri ini tentu sangat menggugah selera dan tak kalah lezat dari pepes teri basah. Sudah pernah mencoba?

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler