fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Fakta Tentang Logam Emas

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Logam mulia yang dalam tabel periodik berlambang Au (Aurum) ini merupakan salah satu dari sekian banyak logam yang sering dipakai sebagai perhiasan selain kristal, berlian, batu ruby, dan yang lainnya. Satu-satunya logam berwarna dasar kuning ini juga memiliki beberapa fakta unik yang menarik untuk diketahui. Lantas, apa sajakah fakta unik yang dimiliki emas?

Aurum pada Nama Kimia Emas Berarti Sinar Matahari

Nama kimia Au yang disematkan pada emas dalam tabel periodik merupakan singkatan dari Aurum (akar bahasa Latin) yang berarti shining dawn atau glow of sunrise, yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti pancaran sinar matahari. Nama ini dipilih karena logam emas memang memiliki kilauan yang sangat indah, seperti korona atau lingkaran sinar yang mengelilingi matahari.

Berita Lainnya  Enam Tips Berdandan Natural ala Artis Korea

Emas adalah Logam yang Lentur

Meskipun terkesan solid, emas sesungguhnya merupakan logam yang sangat lentur, lunak, dan mudah ditempa.  Menurut sebuah penelitian, 28 gram emas bisa direntangkan sampai sepanjang 8 kilometer. Saking lenturnya, emas bahkan bisa digunakan sebagai benang sulam untuk membuat kain. Keren, bukan?

Kenapa Emas Disebut Logam Mulia?

Seperti halnya platina dan perak, emas merupakan perhiasan yang disebut sebagai logam mulia atau noble metal. Hal ini disebabkan oleh karakter emas yang tidak reaktif dan tahan terhadap korosi maupun oksidasi. Logam mulia seperti emas tidak mudah terpengaruh oleh kondisi lingkungan. Emas juga sangat sukar bereaksi dengan asam. Hal inilah yang membuat logam mulia seperti emas memiliki harga yang cukup tinggi dibandingkan dengan logam jenis lain.

Berita Lainnya  Enam Manfaat Lari Pagi Bagi Kesehatan

Perhiasan Emas sudah ada Sejak 4.000 Tahun sebelum Masehi

Penggunaan emas sebagai perhiasan seperti yang umum kita jumpai sekarang ternyata sudah dilakukan sejak lama lho, bahkan sekitar 4.000 tahun sebelum Masehi. Hal ini dibuktikan dengan banyak ditemukannya jasad atau fosil manusia zaman dahulu (sekitar masa Jaman Batu) yang masih menggunakan emas di lehernya.

Satuan Karat dalam pengukuran Kadar Emas

Tidak semua perhiasan emas tersusun dari komponen emas murni. Satuan yang dipakai dalam pengukuran kadar emas yang terkandung dalam suatu perhiasan dinamakan karat. Emas murni berarti memiliki kadar 24 karat. Sebaliknya, semakin banyak campuran lain yang ditambahkan saat proses penempaan emas, maka kadar karat dalam perhiasan itu akan semakin menurun.

Berita Lainnya  Delapan Tips Untuk Mengatasi Kelelahan Untuk Ibu yang Memiliki Balita

Emas Dipakai untuk Kosmetik dan Kesehatan

Tidak sebatas pada investasi dan perhiasan, emas ternyata juga banyak dipakai dalam dunia kesehatan sebagai obat. Isotop radioaktif Au-198 yang ditemukan pada emas diketahui bisa menghancurkan sel kanker dalam tubuh. Selain itu, emas juga banyak dipakai dalam pembuatan kosmetik.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler