fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Jenis Sepeda Beserta Manfaatnya

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Penggunaan jenis sepeda tergantung dari jenis dan rancangannya. Dengan begitu, pemakaian sepeda bisa menjadi tepat guna dalam mendukung dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Berikut ini penjelasan macam-macam sepeda yang dibedakan berdasarkan karakteristik, tipe pengguna dan tempat penggunaannya.

Sepeda Lipat

Sepeda lipat merupakan salah satu macam sepeda yang digemari masyarakat perkotaan. Selain karena ukurannya yang ringkas dan bisa dilipat. Sepeda lipat juga biasanya memiliki bobot yang ringan untuk dibawa ke mana-mana. Penggunaannya lebih diperuntukkan kepada orang-orang perkotaan yang biasa naik kendaraan umum, sehingga tak lagi perlu naik moda pengumpan.

Sepeda Gunung

Sepeda gunung biasa dikenal juga dengan nama mountain bike (MTB). Sesuai dengan namanya, sepeda ini pada awalnya dirancang untuk menaklukkan medan pegunungan. Tapi, sebenarnya sepeda ini tak hanya digunakan untuk naik gunung saja. Anda bisa menggunakannya untuk kegiatan lain dengan medan off-road yang sulit dilalui sepeda biasa. Sepeda gunung alias MTB biasanya dibangun dengan material kokoh namun tetap fleksibel, agar bertahan di jalur yang tidak rata.

Berita Lainnya  Enam Bahan Alami Pencerah Kulit tubuh

Sepeda Balap

Sepeda balap dirancang sedemikian rupa untuk mampu meraih kecepatan tinggi di jalanan beraspal. Road bike biasanya memiliki bingkai dan roda yang ringan namun kokoh, serta dilengkapi fitur pengaturan percepatan. Kejuaraan sepeda dunia menggunakan jenis sepeda ini dan telah diadakan sejak 1868. Paling terkenal dan bergengsi adalah kejuaraan Tour de France.

Sepeda Fixie

Sepeda fixed gear atau lebih akrab disebut fixie sebenarnya memiliki frame dan roda yang mirip dengan sepeda balap. Perbedaan mencolok terdapat di bagian mekanismenya. Fixed wheel bicycle memiliki mekanisme pergerakan roda yang tidak bebas. Jadi, jika dikayuh ke depan maka pedal dan ban akan terus bergerak mengikuti gaya yang dikeluarkan. Selain itu, jika sepeda biasa tidak bisa di-gowes ke belakang. Fixie memungkinkan Anda melakukannya, karena Anda bisa menggerakkan roda ke depan maupun belakang. Sepeda ini juga biasanya tidak dilengkapi dengan rem tangan. Apabila ingin berhenti, Anda tinggal membalikkan pedal ke arah yang berlawanan. Pada awalnya, sepea fixie digunakan untuk balapan sepeda dengan track khusus di velodrome. Namun, kini lebih banyak untuk penggunaan casual.

Sepeda BMX

Berita Lainnya  Enam Tanaman Sebagai Pengusir Hewan Pengerat

Sepeda jenis bicycle motorcross (BMX) memiliki bentuk yang unik. Ini adalah sepeda favorit para kaum milenial. Sepeda BMX biasanya memiliki roda tidak sebesar sepeda balap atau fixie, bingkai kecil dan agak miring, serta jok yang rendah. Rancangan tersebut dibuat agar memudahkan pengguna yang biasanya melakukan aksi freestyle di tangga, bangku maupun tepian taman atau tempat lainnya di perkotaan.

Sepeda Hybrid

Sepeda hybrid adalah sepeda modern yang rancangannya merupakan perpaduan antara road bike dan sepeda gunung. Tujuan pembuatan sepeda ini adalah untuk memenuhi kebutuhan pengguna sepeda yang menginginkan kendaraan roda dua manual yang tangguh sekaligus memiliki kecepatan mumpuni.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler