fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Karakter Desain Rumah Japandi

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Salah satu desain interior yang sedang populer dan dapat memberikan kenyamanan secara maksimal adalah desain interior Japandi. Desain interior Japandi merupakan perpaduan desain antara gaya Japanese dan Scandinavia. Kedua gaya tersebut memiliki filosofi hidup esensial masing-masing, yaitu wabi-sabi dari Jepang yang mengutamakan estetika dan menghargai ketidaksempurnaan serta lagom dari Skandinavia yang mengutamakan keseimbangan dalam setiap aspek kehidupan. Lalu, apa saja sih ciri khas  rumah japandi? Simak ya.

Furniture

konsep Japandi hadir dengan gaya hidup yang berfokus pada efisiensi dan pemenuhan kebutuhan hidup. Dengan demikian, desain interior Japandi memiliki karakteristik yang sederhana, hemat tempat, dan juga clean. Sementara itu, material yang digunakan pada rumah Japandi, baik itu untuk furnitur atau bangunannya, sebagian besar adalah bahan-bahan alami, seperti kayu dan rotan. Hal ini karena rumah Japandi sangat identik dengan warna-warna natural yang mampu membuat suasana hunian jadi lebih nyaman.

Berita Lainnya  Lima Bahan Ampuh Pembersih Toilet

Warna

Gaya Japanese identik dengan tampilan elegan yang bersih dan motif tradisionalnya. Desain Skandinavia tampil apik dengan warna-warna terang serta material alami yang menyejukkan mata. Saat kedua nuansa ini dipadukan dalam Japandi, maka dapat memancarkan kesan clean dan hangat secara bersamaan.

Material

Sebagaimana dua gaya desain asalnya, yang kerap mengandalkan penggunaan material alami, kehadiran elemen kayu dan rotan berwarna terang juga nampak dominan dalam desain Japandi. Warna-warna lembut dari warna putih, abu-abu, dan krem kerap hadir memancarkan kesan menenangkan. Selebihnya warna biru, hijau, dan pink pastel muncul sebagai aksen pelengkap yang menambah kedinamisan.

Pencahayaan

Peran pencahayaan juga tidak dapat diabaikan dalam Japandi. Mengikuti prinsip minimalis, pencahayaan dimanfaatkan untuk mengimbangi kekosongan dari penggunaan ukiran dan motif-motif yang tidak terlalu mencolok.

Dekorasi

Berita Lainnya  Empat Rekomendasi Jajanan Manis untuk Buka Puasa

Dekorasi ala Japandi memang tidak terlalu banyak, umumnya bercorak simpel dan berbalut kain bertekstur halus. Cahaya dan bayangan, baik dari pencahayaan buatan maupun alami, dihadirkan untuk menetralisir ambiens dingin di dalam ruangan.

Tanaman

Unsur natural merupakan salah satu elemen penting dalam konsep ruangan Japandi. Rumah Japandi selalu menghadirkan tanaman dalam ruangan, sehingga membuatnya terlihat lebih elegan dan hidup.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler