fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Langkah Efektif Meningkatkan Massa Otot

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Meningkatkan massa otot sambil membakar lemak berlebih memang membutuhkan perencanaan yang matang. Anda harus mendapatkan asupan yang cukup untuk meningkatkan masa otot tanpa menciptakan lemak berlebih yang tidak dapat diserap otot. Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan latihan ketahanan yang dikombinasikan dengan cardio intensitas tinggi. Ditambah dengan 6 langkah efektif berikut, Anda akan mendapatkan bentuk tubuh ideal Anda dalam waktu singkat.

Tingkatkan Konsumsi Protein

Cobalah untuk menambah konsumsi protein harian Anda. Anda tidak perlu takut untuk menambah hingga 1 gram per kilogram dari berat badan Anda. Dengan mendapat asupan protein yang cukup, otot anda akan terlindung dari cedera yang parah. Anda mungkin sudah menyadari bahwa dalam setiap pembentukan otot, jaringan otot Anda akan rusak dan memperbaiki diri. Dalam proses perbaikan jaringan ini, protein dalam jumlah yang cukup harus terpenuhi.

Fokus pada Pembentukan Otot, Bukan Membakar Lemak

Menghabiskan waktu untuk berolahraga dengan tingkat repetisi yang tinggi bukanlah cara untuk menambah masa otot. Cobalah untuk fokus pada latihan squat jump, angkat beban, dan dayung (jika gym yang biasa Anda datangi memiliki alat simulasi dayung). Gerakan olahraga diatas akan melatih otot untuk merangsang pertumbuhan massa otot. Karena itu gerakan gerakan olahraga tersebut harus menjadi latihan dasar setiap Anda berolahraga.

Berita Lainnya  Delapan Jenis Buah Berry dan Manfaatnya

Konsumsi Lemak Baik

Banyak orang yang ingin menurunkan berat badannya dengan berhenti mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak. Hasilnya, lemak di tubuh pun menghilang. Begitu juga dengan rambutnya dan kulit yang indah. Lemak memiliki peran yang penting dalam menjaga struktur sel dan tingkat hormon yang optimal. Kedua fungsi dari lemak ini sangat penting dalam proses pembentukan otot. Selain itu, lemak baik juga dapat membuat Anda merasa kenyang. Lemak baik ini bisa Anda dapatkan dari alpukat, minyak zaitun, sarden, kuning telur, dan minyak kelapa.

Perhatikan Jumlah Kalori yang Dikonsumsi

Saat menjalankan program pembentukan otot, Anda harus dapat mengenali kebutuhan kalori untuk tubuh Anda sendiri. Tapi ingat, anda bukan sedang diet. Anda membutuhkan kalori untuk membentuk otot Anda sekaligus membakar lemak dalam tubuh. Jumlah asupan yang dianjurkan untuk Anda yang memiliki berat badan ideal adalah 900 gram protein, 900 gram karbohidrat, dan 675 gram lemak.

Berita Lainnya  Bergaya Cantik dengan Maxi Dress

Lakukan Latihan Cardio untuk Membakar Lemak

Salah satu kesalahan orang yang ingin membakar lemak tubuhnya adalah melakukan latihan kardio dalam waktu yang lama. Cara ini efektif untuk membakar kalori dalam tubuh. Tapi cara ini juga berisiko membuat tubuh Anda mengalami defisit kalori sehingga tubuh mulai membakar jaringan otot. Metode latihan terbaik yang dapat Anda lakukan adalah High-Intensity Interval Training (HIIT). Metode ini dapat menjaga massa otot dan bahkan dapat meningkatkan pembakaran lemak tubuh. Tapi karena teknik ini sangat membebani tubuh, sebaiknya hanya dilakukan 1 hingga 3 kali dalam seminggu. Caranya, Setelah pemanasan selama 3-5 menit, lakukan olahraga dengan intensitas tinggi selama 60 detik. Lalu, beristirahatlah selama 2-4 menit hingga detak jantung Anda kembali normal. Ulangi kembali latihannya.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler