fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Manfaat Senam Ibu Hamil

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Tahukah Anda bahwa ibu hamil disarankan untuk tetap berolahraga demi mendukung kesehatan ibu dan janin. Berdasarkan penelitian, olahraga ringan selama kehamilan dapat melancarkan persalinan, mengurangi risiko komplikasi kehamilan, dan pastinya membuat ibu dan janin sehat. Ketahui lebih detail tentang manfaat senam ibu hamil, sebagai berikut.

Mengurangi Risiko Komplikasi Kehamilan

Komplikasi kehamilan rentan terjadi pada ibu hamil dengan riwayat penyakit kronis tertentu atau mungkin dapat berkembang pada ibu hamil yang sehat namun tanpa gejala. Beberapa risiko komplikasi kehamilan di antaranya anemia, preeklampsia, eklampsia, kehamilan ektopik, diabetes gestasional, persalinan prematur, hingga keguguran. Salah satu cara mencegah komplikasi kehamilan adalah dengan berolahraga selama kehamilan. Berdasarkan penelitian di tahun 2017, wanita hamil yang ikut program kebugaran berisiko kecil mengalami diabetes gestasional yaitu diabetes yang muncul selama masa kehamilan dan juga lebih kecil kemungkinannya untuk menjalani operasi sesar yang tidak direncanakan.

Melancarkan Persalinan

Selain dengan konsumsi makanan sehat dan rajin konsultasi ke bidan, ibu hamil juga dianjurkan untuk olahraga ringan secara teratur agar persalinannya lancar. Berdasarkan penelitian pada wanita hamil di Spanyol, wanita hamil yang rajin olahraga ringan tiga kali seminggu mengalami kenaikan berat badan yang lebih rendah daripada mereka yang tidak berolahraga. Selain itu, bayi juga akan lahir dengan berat badan normal. Bayi dengan berat badan lebih berat akan berisiko menyebabkan komplikasi persalinan yang cenderung membahayakan bagi ibu dan bayi tersebut. Jika ibu hamil rajin olahraga, bayi akan memiliki risiko lebih kecil untuk lahir dengan berat badan di bawah rata-rata.

Berita Lainnya  Lima Pekerjaan Dalam Bidang Ilmu Komputer

Menambah Produksi Energi Ibu Hamil

Ibu hamil membutuhkan tenaga yang lebih besar dari biasanya karena semua aktivitas terasa dua kali lebih berat di masa kehamilan. Selain itu, ibu hamil juga cenderung cepat lelah dengan kondisi mental dan suasana hati yang naik turun. Ibu hamil dapat meningkatkan produksi energi dengan olahraga ringan setidaknya 2-3 kali seminggu. Aktivitas fisik seperti jalan kaki atau jogging dapat membantu ibu hamil tetap aktif dan bahagia. Selain itu, tetap konsumsi makanan bergizi agar tetap sehat dan bugar, ya!

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi adalah komplikasi yang sering terjadi pada ibu hamil atau yang disebut juga dengan hipertensi gestasional. Ibu hamil tidak boleh membiarkannya karena akan memicu komplikasi kehamilan, preeklampsia, kerusakan organ, hingga risiko keguguran. Berdasarkan penelitian, salah satu cara mengatasi darah tinggi pada ibu hamil adalah dengan olahraga ringan secara teratur. Ibu hamil dapat jalan kaki, jogging, atau sekadar keliling pekarangan rumah agar tetap melakukan aktivitas fisik. Selain itu, ibu hamil harus membatasi makanan yang memicu tekanan darah tinggi, ya!

Mengatasi Sakit Kepala pada Ibu Hamil

Berita Lainnya  Lima Rekomendasi Kuliner Kambing di Jogja

Salah satu manfaat senam hamil adalah untuk mengatasi gejala sakit kepala yang umum terjadi pada ibu hamil, baik ibu hamil muda atau menjelang persalinan. Hal ini dipicu karena faktor kelelahan dan stres pada ibu hamil. Cobalah berolahraga ringan atau bergabung pada kelas yoga prenatal untuk mengatasi sakit kepala dan kesehatan fisik bumil keseluruhan. Walaupun demikian, ibu hamil harus tetap berkonsultasi ke dokter apabila gejala sakit kepala terjadi lebih lama dan tidak kunjung sembuh. Keluhan penyakit apapun harus diperhatikan selama kehamilan. Ibu hamil juga dianjurkan untuk beristirahat yang cukup serta konsumsi sayur dan buah demi kesehatan ibu dan bayi.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Berdasarkan laporan, salah satu keluhan umum ibu hamil adalah sulit tidur. Ini dipengaruhi faktor perubahan hormon dan juga bentuk tubuh. Ibu hamil mungkin sulit menemukan posisi tidur yang nyaman dan juga sering terbangun di malam hari karena ingin buang air. Terlepas dari faktor tersebut, olahraga ringan setiap hari dipercaya dapat meningkatkan kualitas tidur ibu hamil. Ibu hamil juga akan bangun dengan perasaan dan tubuh yang lebih baik. Berdasarkan rekomendasi, ibu hamil sebaiknya olahraga ringan seperti jalan kaki selama 20-30 menit sehari agar bisa beristirahat lebih baik.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler