fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Sayur Yang Lebih Subur Dengan Teknik Hidroponik

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Seperti Anda ketahui, ada tanaman yang bisa tumbuh secara maksimal dengan teknik hidroponik dan ada pula yang tidak. Nah, beberapa jenis tamanan yang akan diulas berikut ini bisa tumbuh dengan cepat ketika ditanam menggunakan teknik hidroponik. Berbagai tanaman ini terdiri dari berbagai jenis, mulai dari sayuran hingga bunga hias. Nah, bagi Anda yang sudah tidak sabar ingin bercocok tanam menggunakan teknik hidroponik, berikut adalah contoh tanaman yang banyak ditanam secara hidroponik.

Selada

Sayuran yang satu ini sering ditanam secara hidroponik. Pasalnya, selada akan tumbuh dengan subur ketika ditanam secara hidroponik. Selain itu, selada tidak membutuhkan perawatan ekstra yang menyita waktu lama. Ketika bibit selada disemai, dalam waktu seminggu kemudian akan tumbuh dua lembar daun selada. Pertumbuhan selada akan semakin cepat kala dipindahkan ke media utama dan diberi air nutrisi. Nah, karena selada dapat tumbuh dengan cepat melalui teknik hidroponik, maka sayuran ini banyak dipasok ke pedagang burger dan restoran yang menggunakan selada sebagai lalapan atau bahan masakan. Tips untuk merangsang pertumbuhan selada dengan lebih cepat adalah dengan memotong daun bagian luarnya sehingga daun bagian dalam akan segera tumbuh untuk menggantikannya. Jangan lupa pula untuk membersihkan hama yang sering menempel di daunnya tersebut.

Mentimun

Berita Lainnya  Lima Tips Memilih Foundation

Untuk menanam timun secara hidroponik, dibutuhkan perhatian ekstra agar timun berhasil tumbuh dengan cepat dan subur. Timun yang ditanam dengan teknik hidroponik membutuhkan asupan cahaya yang baik. Jadi, ketika Anda menanam timun di dalam rumah kaca, maka Anda harus memastikan bahwa timun-timun tersebut memperoleh paparan sinar matahari yang cukup. Selain itu, timun yang tumbuh kian besar tentu membutuhkan tempat yang lebih luas. Anda harus memikirkan hal tersebut agar timun tidak rusak dan bentuknya tetap sempurna. Untuk menyiasatinya, Anda dapat menggunakan botol plastik yang besar atau menggunakan media tanam hidroponik yang lainnya.

Sayuran Berdaun Hijau

Sama seperti selada, sayuran berdaun hijau lainnya juga bisa ditanam secara hidroponik. Sayuran tersebut dapat tumbuh dengan baik melalui cara hidroponik. Beberapa sayuran berdaun hijau yang dapat ditanam secara hidroponik adalah kangkung, sawi, bayam, dan selada air. Akan tetapi, Anda harus terus memantau pertumbuhan sayuran-sayuran tersebut. Jangan sampai sayuran ini tumbuh terlalu besar karena dapat mengurangi sirkulasi udara dalam sayuran tersebut. Kurangnya sirkulasi udara dalam suatu tumbuhan dapat mengakibatkan tumbuhan itu layu atau mati. Pastikan juga Anda memanen sayuran tersebut di waktu yang tepat. Waktu yang ideal untuk memanen sayuran hidroponik adalah hari ke 26-29 setelah bibit tanaman hidroponik disemai. Jika lebih dari hari ke 29, maka sayuran akan terasa pahit.

Berita Lainnya  Enam Manfaat Pengobatan dari Daun Bakung

Buah-Buahan

Selain sayuran, ada buah-buahan dan sayuran berbentuk buah yang bisa ditamam secara hidroponik. Buah-buahan tersebut antara lain adalah melon, cabe, dan tomat. Ketiganya sangat cepat berbuah ketika ditanam menggunakan metode hidroponik. Tips untuk sukses menanam buah menggunakan teknik hidroponik adalah dengan memperhatikan air nutrisi dan pencahayaan yang diperoleh buah-buahan tersebut. Untuk buah berukuran besar, seperti melon, maka Anda juga harus menyediakan tempat ekstra, karena melon yang tumbuh besar akan membutuhkan ruang yang lebih luas.

Tanaman Herbal

Ingin membuat apotik hidup sendiri di rumah? Cobalah menanam tanaman herbal secara hidroponik. Pilihan tanaman herbal yang bisa tumbuh dengan teknik hidroponik adalah daun mint, ketumbar, dan basil.

Berita Lainnya  Resep Kroket Mie

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler