fbpx
Connect with us

Pariwisata

Kejar Jumlah Pendapatan dan Kunjungan Wisatawan, Dispar Gunungkidul Gencarkan Promosi

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)– Jelang libur akhir tahun 2023, Dinas Pariwisata kian mengintensifkan promosi pariwisata yang berada di Kabupaten Gunungkidul. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Gunungkidul dan kunjungan wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Oneng Windu Wardhana mengungkapkan, persiapan untuk menyambut kunjungan wisatawan pada libur panjang Natal dan tahun baru 2024 mulai dilakukan. Salah satunya adalah koordinasi dengan pelaku pengelolaan desa wisata yang tersebar di seluruh Gunungkidul untuk optimalisasi pelayanan terhadap wisatawan.

Mulai dari promosi pada media sosial yang kian diintensifkan dan beberapa hal lainnya. Termasuk dengan pengawasan di tiap-tiap Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) guna mencegah terjadinya kecurangan yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Berita Lainnya  Menatap Sakralnya Momen Matahari Terbenam Dari Puncak Paralayang

“Promosi tentu terus kami lakukan, termasuk oleh para pelaku wisata sendiri juga kian intensif promosi,” ucap Oneng Windu Wardhana.

Selain itu, pihaknya juga mulai berkoordinasi mengenai event-event tertentu menjelang natal ataupun pada malam pergantian tahun. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, dinas tidak mengadakan kegiatan skala besar. Namun demikian, tidak menutuo kemungkinan beberapa destinasi wisata atau pelaku desa wisata mengadakan kegiatan di malam pergantian tahun.

“Sedang kami koordinasikan berkaitan dengan kegiatan-kegiatan menjelang pergantian tahun,” imbuh dia.

Optimalisasi promosi yang dilakukan oleh jajaran Dinas Pariwisata ini yaitu untuk mengoptimalkan PAD retribusi wisata 2023 yang ditargetkan mencapai Rp28,9 miliar. Adapun sampai November kemarin pendapatannya mencapai Rp20,3 miliar atau 60,42 persen.

Berita Lainnya  Melihat Potensi Komoditas Ketela Pohon, 1 Hektare Lahan Hasilkan Pendapatan Belasan Juta

Dengan capaian yang baru menyentuh angka 60 persen ini, dengan sisa waktu yang tinggal beberapa pekan diharapkan kunjungan wisatawan pada momentum libur panjang dapat meningkat drastis dan pendapatan juga seiring meningkat.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengatakan, optimalisasi kunjungan wisatawan dan pendapatan asli daerah terus digenjot oleh jajaran Pemkab Gunungkidul. Tahun ini kunjungan wisatawan ke Gunungkidul diproyeksikan mencapai 2,8 juta wisatawan. Tentu pemerintah dan pelaku wisata harus sejalan dalam menarik minat kunjungan, salah satunya dengan promosi yang terus dilakukan.

“Untuk saat ini.kunjungan wisatawan mencapai 2,6 juta pengunjung,” ucap Sunaryanta.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler