fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Kelompok Tani dan Budidaya Tembakau Bakal Terima Bantuan Alat Seharga Rp 916 Juta

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)– Pemerintah Kabupaten Gunungkidul mengalokasikan anggaran Rp Rp. 916.075.000 untuk menunjang kemajuan sektor pertanian. Dana tersebut dibelikan puluhan alat dan mesin pertanian (Alsintan) yang segera dibagikan kepada kelompok tani.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul, Rismiyadi, menyebut jika ada 45 Alsintan yang terdiri dari 35 unit hand traktor dan 10 kultivator yang dibagikan ke  puluhan kelompok tani. Sebanyak 35 hand traktor akan diberikan ke kelompok tani, 5 kultivator diserahkan ke kelompok budidaya tembakau, sedangkan 5 kultivator lainnya untuk Balai Penyuluhan Pertanian.

“Total ada 45 Alsintan yang diberikan,” ucapnya, Rabu (29/03/2023).

Ditambahkan Rismiyadi, anggaran pengadaan bantuan tersebut bersumber dari APBD tahun 2023. Adanya bantuan ini diharapkan dapat mendukung modernisasi pertanian serta memberikan dukungan kepada petani untuk mengembangkan sektor pertanian.

“Rp. 742.665.000 untuk hand traktor, dan Rp. 173.400.000 untuk pengadaan kultivator,” imbuhnya.

Berita Lainnya  Terapkan New Normal, ASN Pemkab Gunungkidul Tak Lagi Boleh Work From Home

Selain itu, Alsintan yang dibagikan dapat menambah pengetahuan ataupun wawasan petani di Gunungkidul terkait teknologi di sektor pertanian. 

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta berharap para petani dapat memaksimalkan sektor pertanian dengan memanfaatkan bantuan Alsintan yang diberikan. Baginya, sektor pertanian memberikan kontribusi yang sangat besar bagi ketahanan pangan serta pertumbuhan ekonomi di Gunungkidul yang menyumbang sebesar 24%.

“Ini perlu dipertahankan termasuk juga ketahanan pangan kita dijaga,” pungkasnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler