fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Lengkuas merupakan akar rimpang yang tumbuh di dalam tanah.Akar ini digunakan untuk bumbu dapur yang memiliki rasa pedas dan tajam.Wangi lengkuas dapat dijadikan aromaterapi yang menghangatkan tubuh. Khasiat lengkuas untuk kesehatan sudah digunakan sejak zaman dahulu. Dalam pengobatan China, lengkuas digunakan dalam terapi ying. Di Indonesia, lengkuas dijadikan obat tradisional untuk mengobati penyakit karena infeksi jamur. Sebenarnya kandungan zat terdapat dalam lengkuas memiliki segudang manfaat,lho. Inilah khasiat lengkuas yang harus Anda tahu.

Mengandung Senyawa Flavon Untuk Mengobati Penyakit Kulit

Lengkuas memiliki senyawa flavon yang disebut galangin.Senyawa ini memiliki sifat antijamur,anti inflamasi dan antimikroba untuk mencegah penyakit kulit.Penyakit yang disebabkan oleh jamur dan mikroba seperti kurap dapat disembuhkan dengan ramuan lengkuas ini. Anda hanya perlu mengoleskannya secara rutin pada kurap yang diderita.

Berita Lainnya  Enam Makanan Untuk Hipotensi

Memiliki Antibakteri In Vitro Untuk Menghambat Sel Tumor

Senyawa galangin ini memiliki antitumor yang dapat menghambat pertumbuhan sel tumor. Kemampuan antibakteri dapat digunakan dalam mengobati tumor payudara secara in vitro. Anda dapat menjadikan lengkuas sebagai teh hangat yang dapat dikonsumsi sehari-hari. Manfaatkan kemampuan antitumor ini untuk menghindari tumor berbahaya.

Meredakan Flu, Batuk, Dan Sakit Tenggorokan

Lengkuas dapat digunakan untuk mengobati flu, batuk dan sakit tenggorokan.Rasanya yang hangat akan membuat pernapasan lega. Dalam pengobatan Cina, lengkuas dipercaya dapat mengobati penyakit ini. Zat antivirus yang dikandung senyawa flavon dalam lengkuas dapat menyembuhkan flu, batuk, dan sakit tenggorokan.

Memperlancar Aliran Darah Dan Menjaga Kesehatan Jantung

Berita Lainnya  Resep Camilan Keripik Kentang Renyah

Lengkuas dapat melancarkan aliran darah yang masuk ke jantung. Hal ini akan membuat kesehatan jantung terjaga. Mengonsumsi teh lengkuas secara teratur akan membantu masalah aliran darah.Terapi ini mudah dilakukan mengingat lengkuas tidak sulit ditemukan .

Mengandung Mineral Untuk Kesehatan Rambut Dan Kulit

Lengkuas memiliki mineral seperti besi, kalium, mangan, tembaga, selenium dan magnesium.Mineral ini dapat digunakan untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit. Selain itu, kulit akan terasa hangat dengan kandungan zat pada lengkuas ini.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler