fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima Penyebab Komedo Hitam di Wajah

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Komedo hitam atau ‘blackhead’ terjadi karena adanya penyumbatan sebum (minyak) dan sel-sel kulit mati yang telah mengeras. Dari luar akan tampak menonjol dan berwarna gelap karena paparan udara. Mengapa disebut komedo terbuka? Hal ini karena kulit di atas benjolannya telah terbuka. Ada banyak beberapa faktor yang memicu adanya komedo hitam, di antaranya adalah:

Banyak Mengeluarkan Keringat

Minyak berlebihan pada kulit dapat berimbas pada masalah kulit seperti kusam, jerawat, komedo, dan lain sebagainya. Komedo sendiri adalah jerawat ringan yang bisa timbul akibat tersumbatnya kelenjar minyak. Produksi minyak atau keringat yang berlebih dapat meningkatkan kemungkinan tersumbatnya pori-pori.

Iritasi

Selain karena minyak, komedo juga dapat timbul akibat adanya iritasi pada folikel rambut. Iritasi ini bisa ditimbulkan karena beberapa hal seperti berendam dalam bak air panas yang tidak bersih, mengenakan pakaian yang ketat dan tidak menyerap keringat.

Adanya Penumpukan Bakteri

Propionibacterium Acnes adalah mikroba kecil yang hidup pada area pori-pori kulit yang berminyak. Bakteri ini menyerang sistem imunitas yang bisa menyebabkanya kulit kemerahan, bengkak kecil, komedo hingga yang membentuk jerawat di kulit.

Perubahan Hormon

Adanya perubahan hormonal ini bisa menyebabkan peningkatan produksi minyak atau keringat. Perubahan hormon bisa terjadi selama masa remaja, selama menstruasi, atau saat mengonsumsi pil KB.

Konsumsi Obat-obatan Tertentu

Terkadang ada beberapa obat-obatan yang berefek samping pada timbulnya jerawat dan komedo. Untuk itu kamu harus berhati-hati dan memahami apa saja reaksi obat yang terjadi di tubuhmu. Obat-obatan yang memungkinkan timbulnya komedo seperti kortikosteroid, lithium, atau androgen.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler