fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima Tips Menghilangkan Bau Badan Pada Anak

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Bau badan tidak hanya dialami oleh remaja dan orang dewasa saja. Anak-anak juga bisa memiliki bau badan tak sedap. Kondisi ini tentu saja membuat si anak menjadi minder, apalagi jika ia menjadi bahan olok-olok temannya karena bau badannya ini. Untuk membuat anak kembali merasa percaya diri, Anda harus segera membantunya untuk menghilangkan bau badan. Bagaimana sih cara yang tepat untuk mengatasi bau badan pada anak? Yuk, simak!

Ajarkan Anak untuk Mandi yang Bersih

Sejak dini ajarkan anak untuk menjaga kebersihan tubuhnya sendiri. Bila tiba saat di mana anak harus mandi sendiri, orang tua wajib mengajarkan anak cara mandi yang bersih. Ajarkan anak untuk mencuci rambut dengan shampo dan menggosok kulit kepalanya untuk membersihkan kotoran. Setelah selesai, bimbing anak untuk membilas rambutnya agar bersih dari busa shampo. Untuk bagian badan, selalu ajarkan anak untuk membersihkan lipatan tubuh, mulai dari ketiak, jari-jari, bagian belakang siku, bagian belakang lutut, leher, area kemaluan, dan bagian belakang daun telinga. Tanamkan mindset bahwa mandi yang bersih bukan hanya menggunakan sabun sebanyak mungkin, tetapi membersihkan seluruh bagian tubuh dan menggosok daki di kulit.

Mandi Dua Kali Sehari

Setelah beraktivitas atau bepergian anak-anak mungkin merasa malas untuk membersihkan tubuhnya sendiri. Padahal, mandi setelah beraktivitas sangat penting untuk menjaga kesegaran tubuh. Biasakan anak untuk mandi dua kali sehari. Jika tidak terdesak jangan biasakan anak untuk malas mandi. Ajarkan anak untuk mandi dua kali sehari agar kebersihan tubuhnya selalu terjaga. Anda bisa memberi penjelasan bahwa malas mandi bisa membuat tubuhnya gatal-gatal dan dipenuhi bakteri.

Berita Lainnya  Beberapa Penyakit Yang Muncul Akibat Kolesterol Tinggi

Jaga Kebersihan Pakaian dan Sepatu

Tahukah Anda bahwa bau badan tidak hanya disebabkan oleh mandi yang kurang bersih. Pakaian dan sepatu yang kotor juga bisa menjadi penyebab bau badan. Sebagai orang tua, sudah menjadi tugas Anda untuk membiasakan anak menjaga kebersihan pakaian dan sepatunya sendiri. Mulailah dari hal sederhana seperti selalu mengganti pakaian setelah ia beraktivitas di luar rumah atau pulang dari sekolah. Kemudian, biasakan anak untuk meletakkan pakaiannya yang kotor di tempat cucian. Untuk bagian sepatu, anak harus berganti kaus kaki setiap hari. Selain itu, ketika sepatu sedang tidak dipakai, dorong anak untuk mencuci sepatunya sendiri atau sekadar membersihkannya dengan lap.

Berendam dengan Jus Tomat

Bau badan pada anak bisa diatasi dengan cara alami, lho. Manfaatkan tomat untuk menghilangkan bau badan si kecil. Tomat akan mengatasi bau badan secara efektif jika dipakai secara teratur. Haluskan buah tomat segar hingga menjadi dua cangkir jus. Kemudian, sediakan ember atau tempat agar anak bisa berendam. Setelah tempat berendamnya diisi dengan air bersih, tuangkan jus tomat yang sudah dibuat. Minta anak untuk berendam dalam air jus tomat itu secara beberapa saat. Treatment ini sebaiknya dilakukan setelah mandi dengan sabun. Lakukan perawatan ini sehari sekali selama satu minggu untuk memastikan bau badan anak benar-benar hilang.

Berita Lainnya  Enam Kuliner Indonesia Yang Mendunia

Oleskan Jus Lemon

Selain tomat, lemon juga bisa menjadi bahan alami yang ampuh untuk menyingkirkan bau badan di tubuh anak. Sifat asam alami pada jus lemon mampu membunuh bakteri penyebab bau badan di tubuh manusia. Sediakan satu sendok makan air perasan lemon, lalu campur ke dalam satu cangkir air. Ambil kapas dan celupkan ke dalam larutan air lemon tersebut, oleskan kapasnya ke area ketiak anak, dan diamkan selama 10 menit. Lakukan perawatan sederhana ini setiap hari sebelum anak mandi. Jus lemon juga bisa dipakai untuk berendam, lho. Berendam dalam air yang sudah dicampur dengan jus lemon juga bisa menghilangkan bau badan secara bertahap.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler