fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima Jenis Lantai dan Perawatannya

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Meskipun rumit, perawatan rutin terhadap lantai rumah sebenarnya adalah hal sederhana yang tak boleh disepelekan. Dengan perawatan yang baik dan benar, material lantai rumah milikmu tentu akan jadi lebih awet dan keindahannya akan tetap terjaga untuk menunjang tampilan interior rumah. berikut  tips dan trik merawat lantai rumah dilansir dari dekoruma.

Ubin Keramik

Material ubin keramik merupakan salah satu material untuk lantai rumah yang paling praktis dalam hal perawatan. Cukup disapu dan dipel setiap hari sudah cukup untuk menjaga kebersihannya. Tak heran jika lantai rumah dari ubin keramik menjadi pilihan paling favorit. Anda  juga perlu menyikat bagian sambungan atau nat keramik sesekali. Bagian nat pada lantai rumah yang menggunakan keramik adalah bagian yang paling mudah kotor dan ditumbuhi jamur. Jadi, pastikan disikat sekali dalam sebulan atau selama-lamanya, beberapa bulan sekali.

Berita Lainnya  Melewatkan Malam Pergantian Tahun Sembari Wayangan di Joglo Bakmi Jawa Mijahan

Batu Alam Marmer atau Granit

Hampir serupa, beda keramik dan granit adalah perawatan dan pemasangannya. Namun untuk yang menginginkan tampilan mewah dan elegan pada lantai rumah, material batu marmer dan granit bisa jadi pilihan. Namun, sifat kedua material ini yang berpori membuatnya memerlukan perawatan ekstra jika dibandingkan dengan material lantai rumah sebelumnya. Pertama, pastikan lantai rumah dari marmer dan granit ini bebas dari genangan air. Jadi, jika terjadi tumpahan, segeralah mengeringkannya dengan kain pel. Jangan lupa juga untuk memberikan coating ekstra pada batu marmer dan granit untuk memberikan perlindungan tambahan pada lantai rumah. Bila perlu, lakukan coating ulang secara berkala.

Parket Kayu

Lantai parket kayu memang terkenal mampu memberikan kesan hangat dan lebih homey. Namun, sama halnya dengan lantai rumah dari batu alam, material ini juga tak ramah terhadap genangan air karena akan membuatnya mudah rapuh dan ditumbuhi jamur. Selain memastikan lantai rumah dari parket tetap kering, saat mengepel lantai, pastikan Anda  menggunakan kain pel yang lembap dan tidak terlalu basah. Lantai parket juga rentan terhadap permukaan tajam dan mudah tergores. Jadi, ada baiknya memberikan karet pelindung tambahan pada semua perabot milikmu dan hindari memindahkan perabot dengan cara diseret atau didorong, melainkan diangkat, untuk menghindari lantai rumah tergores dan rusak.

Berita Lainnya  Enam Manfaat yang Terkandung dari Buah Sawo

Vinyl

Meskipun lantai rumah dari vinyl memiliki tampilan seperti parket dan memiliki daya tahan lebih baik terhadap air, faktanya Anda  juga harus menjauhkan lantai vinyl dari genangan air karena mampu merusak lem yang digunakan untuk merekatkan lembaran vinyl ke lantai. Selain itu, material lantai rumah ini juga serupa dengan parket, yaitu lemah terhadap permukaan tajam sehingga karet pelindung untuk furniture rumah juga diperlukan jika Anda  memilih material lantai rumah satu ini.

Karpet

Lantai rumah dari karpet sangat rentan terhadap bakteri dan jamur. Jadi, selalu pastikan karpet dalam keadaan kering dengan membersihkannya menggunakan vacuum cleaner secara rutin. Bila perlu, lakukan pembersihan terhadap tungau dengan alat vacuum khusus secara berkala.

Berita Lainnya  Enam Manfaat Wedang Jahe Bagi Tubuh

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler