fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Mudahkan Transaksi, BPD DIY Luncurkan Layanan Tiket Retribusi Berbasis QUAT

Published

on

Tanjungsari,(pidjar.com)–Dukungan terhadap keberlangsungan pariwisata Gunungkidul sebagai penghasil PAD andalan terus berlangsung dari dunia perbankan. Salah satunya ialah Bank Pembangunan Daerah (BPD) DIY Gunungkidul, Selasa (22/04/2021) memfasilitasi e ticketing wisata pantai.

Direktur Utama BPD DIY, Santoso Rohmad mengatakan, aplikasi pembayaran non-tunai dari BPD DIY bernama QUAT (QIRS Ultimate Automated Transactions). Harapannya aplikasi ini bisa mempermudah pembelian tiket dan layanan retribusi destinasi wisata.

“Pembayarannya cukup sederhana memanfaatkan ponsel pintar, di mana pemiliknya sudah mengunduh aplikasi QUAT tersebut. Nantinya pengguna tinggal memindai kode matriks (QR Code) yang disediakan,” papar Santoso.

Fasilitas ini, lanjut Santoso sudah tersedia di sejumlah destinasi di Gunungkidul. Selain QR Code, transaksi juga bisa dilakukan dengan transfer.

“Di tengah pandemi ini memamg kami upayakan untuk mengurangi transaksi tunai,” terangnya.

Tak hanya meluncurkan layanan QUAT, dalam kesempatan ini BPD DIY juga menyerahkan rekening tabungan pada 400 pelajar Gunungkidul. Bantuan ini diberikan untuk mengedukasi pelajar menerapkan disiplin menabung sejak dini.

“Jadi dengan penyerahan simbolis ini diharapkan generasi muda Gunungkidul sadar pentingnya menabung,” kata Santoso.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul Sunaryanta berharap layanan E-Ticketing ini harus dibarengi dengan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM). Baik dari pelayanan maupun kesiapan sarana pra sarana.

“Wisatawan juga harus segera menyesuaikan diri, intinya semua untuk memudahkan,” pungkasnya.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler