fbpx
Connect with us

Sosial

Puluhan Wisatawan Jadi Korban Serangan Ubur-ubur Beracun, 2 Dilarikan ke Rumah Sakit

Diterbitkan

pada tanggal

Tanjungsari,(pidjar.com)–Sebanyak 42 wisatawan tersengat ubur-ubur saat berkunjung ke Pantai Kukup dan Baron selama masa uji coba wisata pada 24 hingga 30 Juni 2020 ini. Saat ini, ubur-ubur memang banyak muncul di perairan Gunungkidul.

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Pantai Baron, Surisdiyanto memaparkan, antisipasi berkaitan dengan potensi serangan ubur-ubur di kawasan pantai ini sebenarnya sudah dilakukan. Pihaknya juga tak kurang-kurang dalam memberikan imbauan maupun peringatan kepada wisatawan. Namun begitu, banyak wisatawan yang abai dengan keberadaan ubur-ubur.

“Kami sudah melakukan imbauan kepada wisatawan, tetapi mereka tetap nekat bermain air dan mandi di laut,” jelas Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Surisdiyanto, Selasa (30/6/2020).

Adapun rincian jumlah korban tersengat ubur-ubur terbanyak terjadi di Pantai Kukup di mana mencapai lebih 30 wisatawan. Sedangkan sisanya terjadi di Pantai Baron.

Berita Lainnya  Tunggu Perda Anyar, Semua Warung di Gunungkidul Bakal Wajib Terapkan Sistem Plastik Berbayar

Dari 42 korban, ada 2 wisatawan yang terpaksa dilarikan ke puskesmas terdekat karena mengalami sesak nafas.

“Imbauan terus kita lakukan tetapi banyak yang tidak mengindahkan sehingga sengatan ubur-ubur banyak meminta korban dan harus dirawat tim medis dan SAR,” ujarnya.

Selain mengimbau wisatawan atas keberadaan ubur-ubur, pihaknya juga terus melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan protokol covid. Dikatakan Suris, masih banyak wisatawan yang abai terhadap protokol covid.

“Mereka menggerombol, ada yang menolak untuk dicek suhu dan 40% nggak pake masker,” tutup Suris.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler