fbpx
Connect with us

Sosial

Ratusan Ribu Jiwa Terdampak Rentetan Bencana Sepanjang Tahun 2020

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Tahun 2020 ini nampaknya menjadi tahun yang cukup berat bagi Pemkab Gunungkidul. Selain karena pandemi covid-19 yang belum juga usai, ratusan kejadian bencana alam dilaporkan terjadi pada tahun ini. Ratusan ribu jiwa dilaporkan terdampak berbagai macam bencana.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Gunungkidul, Edy Basuki mengatakan, data yang dirangkum dari tanggal 1 Januari hingga 31 Oktober lalu terdapat 188 kejadian bencana alam. Adapun ratusan bencana tersebut didominasi pada bencana hidrometeorologi.

“Kami mencatat untuk longsor terjadi di 42 titik, sedangkan kebakaran ada 24 titik,” jelas Edy, Rabu (23/12/2020).

Edy menambahkan, adapun angin kencang baik yang merusak rumah warga atau juga fasilitas umum terjadi 96 titik di wilayah Gunungkidul. Selain itu, bencana kekeringan juga memberikan dampak signifikan sebab berdampak di 407 titik.

“Selain kekeringan, banjir dilaporkan juga melanda 14 titik. Ada warga juga yang dilaporkan tersambar petir, terjadi satu titik,” kata Edy.

Selain ratusan titik tersebut terdapat 7 titik tanah ambles dan juga 4 kecelakaan lain. Dari ratusan titik bencana terdapat 128.838 jiwa dilaporkan terkena dampak.

“Empat diantaranya meninggal dunia, 64 fasilitas umum rusak dan 96 dilaporkan rusak,” ucap Edy.

Dampak bencana juga berupa 10 kios rusak, 16 kandang rusak dan juga 6 titik lahan rusak. Pihaknya saat ini masih mendata rinci total kerugian.

“Kendala kami dalam menghitung kerugian masyarakat tidak terbuka soal ini. Kemungkinan sekitar Rp 1 miliar,” pungkasnya.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler