fbpx
Connect with us

Info Ringan

Sebelum Disimpan Dalam Kulkas, Daging Kurban Dilarang untuk Dicuci

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari, (pidjar.com)–Minggu (11/08/2019) kemarin bertepatan dengan 10 Dzulhijjah dimana umat Islam sedunia memperingati hari besar keagamaan. Seluruh umat muslim melakukan penyembelihan kurban yang nantinya akan dibagi kepada para jamaah. Adapun hewan kurban sendiri yang lazim di Kabupaten Gunungkidul ialah kambing maupun sapi.

Seiring dengan berkembangnya teknologi,  penyimpanan hewan kurban di dalam kulkas pun membutuhkan strategi khusus. Berikut ialah ulasan penyimpanan hewan kurban yang benar menurut seorang dosen Fakultas Peternakan Hewan Universitas Gadjah Mada, dr Nanung Danar Dono, Phd:

  1. Sebelum disimpan, daging kurban dilarang untuk dicuci. Jika dicuci pakai air kran, kuman-kuman justru bisa masuk dan tinggal di dalam pori-pori daging. Hal itu bisa merusak kualitas daging. Sehingga disarankan pencucian daging saat daging akan dimasak.
  2. Jika mendapatkan daging cukup banyak, jangan menyimpan daging utuh 2 hingga 4 kilogram di dalam freezer. Cara yang benar, potong daging berukuran lebih kecil, lalu simpan di dalam plastik-plastik berukuran 1/2 kg atau 1 kg. Jika hendak memasak, ambil satu kantong kecil, biarkan yg lain tetap beku di dalam freezer. Daging yang beku dapat bertahan hingga satu tahun.
  3. Sebelum disimpan difreezer, simpan daging di dalam kulkas yang sejuk selama 4-5 jam. Setelah dingin, baru dimasukkan ke dalam lemari es (freezer).
  4. Jika mau masak daging beku, jangan mencairkan es daging atau daging beku menggunakan air panas. Cara yang benar adalah letakkan daging beku di bawah air kran suhu normal (dalam keadaan daging masih terbungkus rapat dalam plastik). Setelah daging kembali empuk, buka plastik, cuci daging hingga bersih, tiriskan, lalu siap dimasak.
Berita Lainnya  Lima Jus Kombinasi yang Mampu Mendetox Tubuh

Dikatakan dr Dono, dalam penyimpanan hewan kurban tidak disarankan menggunakan tas kresek. Karena tas kresek sendiri merupakan hasil daur ulang.

“Tas kresek daur ulang warna hitam mengandung karsinogen yang dapat memicu sel kanker,” jelasnya.

Untuk itu, ia mengimbau kepada masyarakat untuk menyimpan daging di kulkas dengan plastik bening. Sehingga tips-tips di atas dapat menjaga kesegaran daging

 

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler