fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Hidangan Dari Bahan Labu Kuning

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Labu kuning merupakan salah satu bahan makanan yang mudah diolah menjadi beragam makanan yang enak. Di Indonesia ada beraneka makanan yang terbuat dari labu kuning yang biasanya diolah menjadi makanan tradisional. Berikut ini makanan tradisional yang terbuat dari labu kuning. Apa saja, yuk cekidot!

Kolak Labu Kuning

Makanan yang sering dijumpai ketika sedang bulan puasa di Indonesia adalah kolak. Makanan yang biasanya dihidangkan untuk takjil atau buka puasa. Umumnya kolak yang sering ditemukan adalah kolak pisang. Tapi labu kuning pun bisa diolah menjadi kolak yang enak, lho. Untuk membuat kolak labu kuning pada dasarnya sama dengan kolak yang lainnya. Caranya adalah dengan mencampur santan, gula pasir atau gula merah, garam  dan memasukkan potongan labu kuning yang sudah dicuci. Dimasak hingga labu kuning dirasa sudah lunak atau matang. Kolak labu kuning ini pun bisa dicampur dengan pisang atau kolang kaling untuk memberikan variasi rasa pada kolak.

Candil Labu Kuning

Candil atau dikenal juga dengan sebutan biji salak adalah makanan yang kenyal juga enak. Biasanya candil terbuat dari adonan tepung sagu. Tapi bisa juga, lho, membuat candil dengan bahan labu kuning, rasanya tetap sama-sama enak dan kenyal. Untuk pembuatannya mirip dengan pembuatan candil pada umumnya, hanya saja ditambahkan dengan labu kuning. Caranya dengan mengukus labu kuning kemudian dihaluskan. Lalu ditambahkan dengan campuran tepung tapioka dan dibentuk bulat-bulat dan rebus dalam air mendidih sampai matang. Setelah matang bisa dicampurkan dengan larutan gula merah yang dipanaskan sambil terus diaduk hingga larutan gulanya mendidih. Untuk sajiannya bisa ditambahkan dengan santan yang sudah dimasak. Bisa juga dicampurkan dengan kolak supaya rasanya lebih nikmat.

Berita Lainnya  Sering Dijadikan Disinfectant, Berikut Sembilan Manfaat Daun Sirih

Bingka Labu Kuning

Bingka labu kuning atau dikenal juga dengan bingka waluh adalah makanan khas dari Banjar, Kalimantan. Cara pembuatannya cukup mudah, pertama-tama labu harus dikupas, dibuang kulitnya kemudian direbus atau dikukus. Setelah matang barulah haluskan labu kuning tersebut. Selanjutnya labu kuning yang sudah dihaluskan itu dicampur dengan terigu, gula pasir, telur, santan, garam dan margarin dan diaduk merata. Setelah tercampur rata bisa dituangkan ke cetakan dan panggang hingga matang. Tips ketika membuat bingka labu kuning ini, jangan kocok telur terlalu lama karena akan mengempis ketika diangkat. Kemudian diamkan bingka labu kuning hingga betul-betul dingin agar bentuknya stabil.

Kue Timpan Labu Kuning

Kue timpan adalah kue tradisional dari Aceh. Biasanya kue timpan ini mudah dijumpai ketika lebaran tiba. Rasanya manis, legit juga memiliki wangi yang khas. Kue timpan berbahan dasar labu kuning kukus yang dihaluskan dan dicampur dengan tepung ketan. Campuran tersebut diuleni dan dibuat pipih. Biasanya kue timpan ini berisi srikaya yang sudah dimasak. Kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang.

Berita Lainnya  Tujuh Tips Mengolah Jamur Enoki

Bubur Manado

Makanan khas Indonesia lainnya yang berbahan labu kuning ini ada dari Manado. Bubur Manado atau dikenal juga dengan tinutuan merupakan salah satu bubur yang terkenal di Indonesia. Bubur ini terbuat dari campuran beras, labu kuning, ubi jalar kuning, jagung manis, bayam, kangkung, irisan daun bawang, daun kemangi dan garam. Biasanya untuk menyantap bubur ini disajikan juga dengan sambal roa dan juga ikan asin jambal. Bubur Manado karena kaya akan sayuran di dalamnya, cocok banget buat dijadikan pilihan untuk kamu yang sedang berdiet. Bubur Manado memiliki aroma yang khas karena berbagai campuran sayuran yang ada didalamnya dan rasanya lezat.

Puding Labu Kuning

Berita Lainnya  Tujuh Manfaat Air Beras Untuk Kulit

Makanan selanjutnya yang terbuat dari olahan labu kuning adalah puding labu kuning. Untuk membuat puding labu pertama-tama harus dikukus atau direbus dan dihaluskan. Kemudian campurkan dengan susu atau santan, agar-agar atau dengan maizena. Saring adonan tersebut agar teksturnya menjadi lembut. Kemudian masak hingga mendidih di api kecil dan tambahkan gula hingga rasanya dirasa cukup manis. Setelah matang bisa dicetak ke dalam cetakan dan tunggu hingga dingin atau adonan mengeras. Puding yang segar dan manis ini juga bisa dimakan oleh balita karena teksturnya lembut. Cara membuatnya juga mudah.

Kue Lumpur Labu Kuning

Ada yang pernah makan kue lumpur? Salah satu jajanan pasar yang lembut dan meleleh di dalam mulut ini memang menggoda untuk dimakan. Labu kuning bisa dijadikan salah satu bahan untuk membuat kue lumpur, lho. Dengan mencampurkan labu kuning yang sudah dikukus, santan, daun pandan, telur, gula, garam, terigu kemudian haluskan. Setelah adonan jadi, barulah dimasak diatas Loyang yang sudah dipanaskan. Tambahkan kismis sebagai topping nya dan masak hingga matang. Kue lumpur yang lembut dan meleleh di mulut pun siap menjadi camilan sore hari.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler