fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Manfaat Mengkonsumsi Kayu Manis di Bulan Puasa

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Beberapa studi mengungkapkan bahwa senyawa dalam kayu manis memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, antidiabetik, dan antimikroba. Beberapa sifat tersebut menawarkan perlindungan dari kanker dan penyakit kardiovaskular. Namun, penelitian lanjutan masih diperlukan untuk mengonfirmasi manfaatnya. Berikut ini adalah berbagai manfaat kayu manis yang berguna bagi kesehatan tubuh terlebih saat bulan puasa.

Melawan Radikal Bebas

Manfaat kayu manis yang pertama adalah kemampuannya untuk menangkal radikal bebas. Kayu manis sarat dengan antioksidan kuat seperti polifenol. Sementara antioksidan berfungsi untuk melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Saking kuat kandungan antioksidannya, kayu manis juga bisa digunakan sebagai pengawet makanan alami.

Membantu Mengatasi Infeksi

Manfaat kayu manis untuk kesehatan berikutnya adalah membantu tubuh melawan infeksi dan memperbaiki kerusakan jaringan. Sebuah studi menunjukkan bahwa kandungan antioksidan di dalamnya memiliki sifat antiinflamasi yang kuat. Pada akhirnya, rempah ini dapat membantu menurunkan risiko penyakit.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kayu manis telah dikaitkan dengan pengurangan risiko penyakit jantung, salah satu penyebab kematian paling umum di dunia. Pada orang dengan diabetes tipe 2, 1 gram atau sekitar setengah sendok teh kayu manis per hari telah terbukti memiliki efek menguntungkan yaitu mengurangi kadar kolesterol jahat (low density lipoprotein), sementara kolesterol baik (high density lipoprotein) akan meningkat.

Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Insulin adalah salah satu hormon utama yang mengatur metabolisme dan penggunaan energi. Hormon ini menjadi penting untuk mengangkut gula dari aliran darah ke sel-sel tubuh. Beberapa orang ada yang kebal terhadap efek insulin, kondisi yang dikenal sebagai resistensi insulin. Kondisi ini umumnya terlihat pada seseorang yang mengalami sindrom metabolik dan diabetes tipe 2. Manfaat kayu manis dapat secara dramatis mengurangi resistensi insulin, sehingga membantu hormon ini untuk melakukan tugasnya. Meningkatnya sensitivitas insulin, maka kadar gula darah tubuh dapat menurun.

Memiliki Efek Antidiabetik yang Kuat

Terlepas dari efek menguntungkan pada resistensi insulin, kayu manis dapat menurunkan gula darah dengan beberapa mekanisme lain. Pertama, kayu manis telah terbukti mengurangi jumlah glukosa yang masuk ke aliran darah setelah makan. Cara ini dilakukan dengan mengganggu sejumlah enzim pencernaan, sehingga memperlambat penguraian karbohidrat di saluran pencernaan Kedua, senyawa dalam kayu manis dapat bekerja pada sel dengan meniru insulin, di mana hal ini meningkatkan penyerapan glukosa oleh sel-sel—meskipun bertindak jauh lebih lambat daripada insulin itu sendiri.

Mengurangi Penyakit Neurodegeneratif

Penyakit neurodegeneratif ditandai oleh hilangnya struktur atau fungsi sel-sel otak secara progresif. Penyakit Alzheimer dan Parkinson adalah dua jenis yang paling umum. Dua senyawa yang ditemukan dalam kayu manis tampaknya menghambat penumpukan protein di otak, yang merupakan salah satu ciri khas penyakit Alzheimer. Sedangkan dalam sebuah studi yang dilakukan pada tikus dengan Parkinson, manfaat kayu manis membantu melindungi neuron (unit dasar otak dan sistem saraf). Ini adalah sel yang bertanggung jawab untuk menerima input sensorik dari dunia luar

Mencegah Kanker

Manfaat kayu manis untuk kesehatan berikutnya adalah kemampuannya mencegah kanker. Kanker adalah penyakit serius, ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Sebuah studi pada tikus dengan kanker usus besar mengungkapkan bahwa kayu manis adalah aktivator ampuh dari enzim detoksifikasi di usus besar. Selain itu, kayu manis juga melindungi tubuh dari pertumbuhan kanker lebih lanjut.

 

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler