fbpx
Connect with us

bisnis

1500 SiBakul Menari Pecahkan Rekor MURI di Sumbu Filosofi

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Sebanyak 1500 penari line dance memadati sumbu filosofi Jogja dalam rangka SiBakul Malioboro Menari 2023 pada tanggal 2 September 2023. Event tersebut merupakan line dance dengan syal terbanyak dan berbusana tradisional Indonesia sepanjang kurang lebih 680 M dari Teras Malioboro 1.

Acara yang diinisiasi oleh Dinas Koperasi dan UKM DIY dengan menggunakan Dana Keistimewaan sebagai bentuk digitalisasi model Pembinaan Sirkular dan Ajang Promosi DISKOP UKM DIY bagi pelaku Koperasi dan UMKM di Daerah Istimewa Yoygakarta. Peserta yang terkait berasal dari komunitas line dance di Indonesia, masyarakat DIY, ASN dan pelaku UMKM dan ada juga peserta yang berasal dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Lampung, Bali, Jakarta, Bangka Belitung, dan Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya  Dana BPJS Ketenagakerjaan Mantan Karyawan SGI Akhirnya Bisa Dicairkan

Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, Srie Nurkyatsiwi, MA mengatakan acara tersebut sebagai salah satu cara DISKOP UKM DIY demi promosi yang bersifat massal yang mendekatkan SiBakul kepada masyarakat luas.
“Kegiatan ini akan menghadirkan sebanyak 1500 peserta berpakaian tradisional Nusantara. Selain sebagai cara untuk mempromosikan UKM Daerah Istimewa Yogyakarta kepada seluruh masyarakat DIY maupun Indonesia, acara ini juga bertujuan untuk mendukung Jogja Menuju Warisan Dunia dan bagian dari rangkaian ulang tahun Keistimewaan Jogja ke 11,”ucap Siwi.

Penyerahan rekor MURI Sibakul Malioboro Menari 2023 kepada Gusti Kanjeng Ratu Hemas (Risbika)

Penyerahan rekor MURI Sibakul Malioboro Menari 2023 kepada Gusti Kanjeng Ratu Hemas (Risbika)

GKR Hemas dalam sambutannya mengatakan jika kegiatan tersebut merupakan salah satu cara untuk memasarkan produk UMKM yang ada di DIY.
“Festival entrepreneur Malioboro Menari sesungguhnya adalah upaya sekali dayung dua tiga terlampaui. Sebuah momen langka di mana ekonomi bisnis dan seni atau olahraga secara formal berada di panggung yang sama untuk berpijak sama tinggi saling sokong didasari semangat kreativitas demi mencapai manfaat kebaikan kita semua,” ujar GKR Hemas.

Perputaran uang selama event SiBakul Malioboro Menari 2023 ini diprediksi akan mencapai 4.7 Miliyar selama dua hari, dari mulai persiapan sampai hari pelaksanaan. Terdiri pengeluaran peserta Line Dance yang berasal dari luar Jogja dan dalam Jogja seperti untuk hotel, transportasi selama di Jogja, belanja di Teras Malioboro, Pasar Beringharjo dan Pertokoan di kawasan Malioboro. Pengeluaran lainnya berupa makan dan minum untuk peserta maupun panitia, UKM pembuat syal.

Berita Lainnya  Dewan Dorong Pemerintah Kembali Izinkan Pagelaran Kesenian dan Tradisi di Gunungkidul

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler