fbpx
Connect with us

Pendidikan

Ratusan Santri Ikuti Festival Anak Soleh, Rayon Ponjong Jadi Juara Umum

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari, (pidjar.com)–Ratusan santri dari Taman Pendidikan Al Quran se Kabupaten Gunungkidul memadati area SD Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari, Minggu (08/09/2019) pagi. Mereka berbondong-bondong menguji kemampuannya dibilang hafidz, berkreasi dalam kaligrafi, menggambar, melukis, nasyid, tartil, hafidz quran dan 54 cabang lainnya dalam Festival Anak Soleh Tahun 2019. Gelaran Festival Anak Soleh ini sudah kesebelas kalinya setelah pertama digelar pada 2008 silam.

Ketua panitia Festival Anak Soleh 2019, Jayadi mengatakan, dari tahun ke tahun, peserta festival semakin diminati. Sedikitnya 694 santri dari tingkat PAUD hingga pemuda turut serta pada masing-masing cabang dalam lomba Festival Anak Soleh.

“Festival ini juga sebagai pencarian bibit di tingkat kabupaten yangmana nanti diikutkan dalam lomba di tingkat provinsi maupun nasional,” kata Jayadi di sela-sela kegiatan. 

Lebih lanjut ia mengatakan, dalam perlombaan ini dibagi menjadi dua kategori yakni perlombaan untuk tingkat pendidikan formal dan non formal. Adapun TPA/TPQ sendiri mengirimkan wakilnya di tingkat pendidikan formal yakni PAUD, TK, SD hingga SMP dan pemuda yang tidak terkualifikasi dengan batasan umur tertentu.

Berita Lainnya  Terapkan e-Voting, Pemilihan Ketua OSIS di SMP N 1 Tepus Berlangsung Cepat dan Hemat

“Mereka mewakili 18 kecamatan yang ada di Kabupaten Gunungkidul,” imbuhnya. 

Adapun pemenang dalam perlombaan ini Rayon Ponjong dengan skor 72 berhasil meraih juara umum I, kemudian untuk juara II Rayon Wonosari dengan skor 57 dan juara umum III dengan skor 54 diraih oleh Rayon Playen. Ia berharap dengan festival ini nantinya dapat mempermudah syiar Islam khususnya di Kabupaten Gunungkidul.

“Tentu juga dalam rangka Fastabiqul Khoirot atau berlomba dalam kebaikan, semoga festival ini setiap tahun akan terlaksana,” ucap Jayadi.

Sementara itu, Wakil Bupati Kabupaten Gunungkidul, Immawan Wahyudi yang pada kesempatan tersebut juga turut hadir memastikan akan mendukung penuh Festival Anak Soleh. Pihaknya juga berharap, dari perlombaan ini akan didapatkan bibit unggul dari Kabupaten Gunungkidul.

Berita Lainnya  Kebut Proses Pembangunan Kampus UNY, Pemkab Minta Pelajar Gunungkidul Diutamakan

“Mudah-mudahan ada yang bisa maju sampai tingkat Nasional,” kata Immawan.

Senada dengan Immawan, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul, Bahron Rosyid berharap, Festival Anak Soleh sebagai ajang silaturahmi santri. Selain itu pihaknya juga berharap dengan festival ini mampu menjadi tolak ukur kemampuan khususnya dalam ilmu agama di masing-masing pendidikan.

“Kami berharap besok menembus tingkat nasional, pendampingan kami hanya sebetas program dan dana sementara pelaksana kami serahkan untuk TPA/TPQ di Kabupaten Gunungkidul,” tandasnya. 

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler