fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Ciri Penyandang Narsistik

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Narcissistic Personality Disorder adalah  kondisi orang yang menganggap dirinya jauh lebih penting dari orang lain, memiliki kebutuhan yang tinggi untuk dipuji atau dibanggakan, namun memiliki empati yang rendah terhadap orang lain. Akan tetapi dibalik rasa percaya diri yang begitu tinggi sebenarnya ia memiliki rasa percaya diri yang rapuh dan mudah runtuh hanya dengan sedikit kritikan. Berikut ini beberapa ciri penyandang narsistik dilansir dari berbagai sumber.

Tersinggung dengan Cara Penyampaian
Beberapa orang tidak bisa menerima kritikan karena merasa tersinggung dengan cara penyampaiannya yang dianggap tidak menyenangkan. Cara penyampaian memang bisa sangat berpengaruh terhadap penerimaan sebuah kritikan. Karenanya, untuk orang-orang yang lebih anti dikritik coba cari kata-kata dan cara mengutarakan tepat agar bisa lebih mudah diterima.

Berita Lainnya  Tips Dalam Memilih Pewarnaan Rambut

Terlalu Sensitif
Orang yang antikritikan bisa saja langsung menghindar dan marah ketika diberikan masukan. Jika dibiarkan terus terjadi, orang seperti ini bisa saja kehilangan hubungan-hubungan penting dalam hidupnya.

Tak Pernah Mendengarkan
Menurut pakar, orang narsis yang sulit menerima kritikan juga tak pernah mendengarkan perkataan orang lain. Percakapan mereka biasanya hanya berkisar mengenai diri sendiri. Saat berbicara dikatakan jika mereka suka melebih-lebihkan gerakan dengan suara besar dan seperti tak mau mendengarkan pendapat yang lain.

Selalu Defensif
Orang yang sulit dikritik tentu akan bersikap defensif atau membela diri ketika diberi komentar yang tidak menyenangkan. Dengan berbagai klaim, ia akan membuktikan sekuat mungkin bahwa dirinya memang tak pernah bersalah sejak awal.

Berita Lainnya  Delapan Makanan yang Dapat Memicu Alergi Pada Si Kecil

Merasa Selalu Benar
Selalu merasa benar juga merupakan salah satu tanda orang narsisme yang sulit dikritik. Karena tidak menganggap dirinya melakukan sesuatu yang salah, tentu orang tersebut akan anti dengan kritikan. Orang-orang seperti ini biasanya juga akan sulit mengubah kebiasaan buruknya.

Merendahkan Pendapat Orang
Beberapa orang tidak mau menerima kritikan dari pihak-pihak tertentu yang dianggapnya kurang kompeten. Jika sudah memandang rendah orang sejak awal, tentu apapun yang dikatakan orang tersebut tak akan didengarkan. Padahal siapa pun bisa memberi masukan yang membangun jika dilihat secara positif.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler