fbpx
Connect with us

Info Ringan

Delapan Manfaat Buah Berry

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Salah satu sumber vitamin dan antioksidan yang paling kaya adalah jenis beri-berian. Istilah berry mencangkup pada tanaman yang memiliki buah dengan karakterisitik dihasilkan dari bunga berputik satu yang tidak memiliki biji dan dengan kulit luar yang bisa dimakan. Terdapat banyak sekali jenis beri-berian baik yang dibudidayakan maupun yang tumbuh bebas di alam liar. Sayangnya, tidak semua jenis berry bisa dimakan, beberapa bahkan mengandung racun yang bisa berakibat fatal jika tertelan. Namun, sebagian besar menyimpan manfaat besar bagi kesehatan maupun sebagai bahan pangan. Berikut adalah delapan jenis berry yang aman dikonsumsi beserta manfaatnya bagi manusia.

Stroberi-Sumber Vitamin C

Salah satu buah beri-berian yang paling akrab di telinga adalah stroberi. Buah yang sering digunakan sebagai pilihan rasa makanan ini sebenarnya terasa asam dengan sedikit rasa manis. Kandungan vitamin C dari satu cangkir buah straberry bisa memenuhi 149% dari rekomendasi dosis harian. Jenis berry dengan buah tergolong besar ini juga merupakan sumber antioksidan dan anti kangker.

Arbai-Melawan Penyakit Metabolik

Arbai dikenal juga dengan nama raspberry. Rasanya manis dan sedikit asam, dan biasanya dimanfaatkan sebagai topping yogurt, sereal atau bubur oat. Jenis berry ini lebih banyak mengandung serat dari pada gula dan karbohidrat, karenanya sering disarankan sebagai menu pelengkap saat berdiet. Arbai juga kaya akan berbagai jenis polyphenol, zat yang efektif mengurangi resiko terkena penyakit metabolik, atau penyakit yang menyerang proses pembentukan energi di dalam tubuh.

Berita Lainnya  Tips Memilih Film Untuk Si Kecil

Red Mulberry-Bahan Selai Dan Minuman

Berry ini juga sangat sering dijumpai di Indonesia dan biasanya pohonnya ditanam di punggir jalan sebagai peneduh. Beberapa daerah menyebut berry ini dengan istilah murbai. Buahnya berwarna merah muda ketika belum matang, tetapi saat matang akan berubah menjadi merah kehitaman. Rasanya sangat manis, sehingga sering dimanfaatkan sebagai sirup atau selai. Raspberry juga mengandung banyak nutrisi baik seperti vitamin C, K, dan zat besi.

Blueberry-Baik Untuk Diabetes Dan Kolestrol

Buah berry lain yang popular di Indonesia adalah blueberry. Semakin banyak ditemukan makanan penutup dan kue-kue dilengkapi dengan selai atau saus blueberry. Memang blueberry termasuk banyak mengandung zat gula dari karbohidrat dibandingkan berry-berry yang lain, tetapi zat anti carcinogenik di dalamnya bisa memperbaiki kesensitivan kelenjar insulin. Buah berry yang kaya akan vitamin K, C dan mangan ini juga baik untuk menjaga kadar kolestrol baik dalam tubuh.

Berita Lainnya  Enam Film Tentang Masak Memasak

Goji Berry-Menjaga Kesehatan Hati

Goji berry merupakan salah satu jenis berry yang sangat kaya nutris dan zat-zat penting yang diperlukan tubuh. Penelitian membuktikan terdapat 18 jenis asam amino, 26 jenis mineral, vitamin B kompleks dan juga beta karoten lebih banyak daripada wortel. Mengkonsumsi goji berry setiap hari sangat baik bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan dan memperkuat daya tahan tubuh dalam memerangi radikal bebas. Selain itu, berry ini juga efektif memperkuat fungsi hati dan menjaganya dari kontaminasi.

Blackcurrant-Mempercepat Regenerasi Sel

Banyak kandungan akan vitamin dan mineral membuat blackcurrant sangat baik bagi tubuh dan mempercepat pembetukan sel. Selain itu, berry ini juga merupakan bahan populer untuk isi pie, kue tar, sorbet, es krim dan makanan penutup lainnya. Jus blackcurrant mengandung banyak vitamin C sehingga baik diminum saat tubuh banyak terekspos oleh pergantian cuaca dan jadwal yang padat. Blackcurrant juga mengandung antosianin, antioxidan yang bisa membantu tubuh memerangi radikal bebas

Berita Lainnya  Lima Film Terbaru yang Ditunggu Di Bulan Februari

Cranberry-Mengobati Infeksi Saluran Air Seni

Buah berry jenis ini biasanya digunakan sebagai bahan utama saus pelengkap masakan kalkun pada hari raya Thanksgiving. Cranberry memiliki rasa yang sedikit asam, sehingga kebanyakan produk olahanya mengandung banyak gula tambahan atau minyak sayuran. Tetapi sebenarnya sari buah cranberry kaya akan vitamin C dan merupakan pengobatan yang disarankan untuk penyakit infeksi saluran air seni.

Blackberry -Memperlancar Peredaran Darah

Buah berry berwarna hitam yang hampir serupa dengan arbai ini mengandung banyak vitamin C dan vitamin K. Selain itu, zat polyphenols di dalamnya sangat efektif dalam memperlancar peredaran darah, meningkatkan kinerja jantung serta mengontrol kadar kolestrol dalam tubuh. Survei membuktikan bahwa blackberry liar mengandung polyphenols 3-5 kali lebih banyak daripada tanaman hasil budidaya, jadi sebaiknya konsumsilah jika menemukannya di alam bebas.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler