fbpx
Connect with us

Politik

177 Titik di Gunungkidul Blankspot, KPU : Tak Jadi Persoalan

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)– Belum lama ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY merilis ada ratusan wilayah yang masuk pada kategori blank spot atau susah sinyal internet. Ratusan titik ini tersebar di beberapa kabupaten, dan yang paling banyak yaitu di Kabupaten Gunungkidul sebanyak 177 lokasi. Meski demikian, KPU Gunungkidul mengklaim hal ini bukan menjadi persoalan yang berarti dan tidak akan mengganggu jalannya Pemilh 2024, sebab masih bisa disikapi dengan cara-cara tertentu.

Ketua KPU Gunungkidul, Asih Nuryanti mengatakan bila di Kabupaten Gunungkidul ada 177 titik yang masuk pada daftar blankspot. Pada pelaksanaan pemily 2024 mendatang ada aplikasi yang digunakan untuk pelaporan rekap dan beberapa hal lainnya. Kendati ada ratusan titik blankspot namun ia menganggap hal ini masih bisa teratasi dengan cara-cara lain.

Berita Lainnya  Empat Tokoh Masyarakat Raba Peluang Nyalon Bupati Melalui Jalur Independen

“Bagi saya itu bukan persoalan, karena meskipun kami nanti memakai Sirekap, sudah ada mode online maupun offline. Sehingga bisa mengambil gambar saat offline dan diunggah ketika di lokasi yang ada sinyalnya,” Ketua KPU Gunungkidul Asih Nuryanti.

Meski berada pada zona blankspot, Gunungkidul tidak akan melakukan pemindahan TPS tentunya dengan mempertimbangkan beberapa hal. Namun jika sifatnya urgent sebagai contoh pada lokasi tersebut dianggap tidak netral maka KPU akan melakukan pemindahan

Lebih lanjut ia mengatakan, berkaitan denvan blankspot ini, KPU Gunungkidul telah berkoordinasi dengan Disas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gunungkidul untuk melihat kebenaran lokasi blank spot.

“Yang jelas kami masih melakukan pendataan ulang 177 apakah betul seperti itu. Hasil koordinasi dengan kominfo ada keraguan, dan kami masih memastikan,” ucapnya.

Berita Lainnya  Amankan Ketat Proses Penghitungan Suara, Polisi Minta Semua Pihak Legowo

Tahapan menjelang Pemilu 2024 telah dilakukan sejak beberapa bulan lalu. Adapun untuk saat ini, pihaknya masuk pada tahapan pendaftaran KPPS. Dimana 19.000 lebih petugas TPs dibutuhkan untuk jalannya pemilihan mendatang.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Gunungkidul, Setyo Hartanto mengatakan, koordinasi dengan KPU berkaitan dengan blankspot telah dilakukan. Saat ini pihaknya masih melakukan pendataan terkait blankspot di Gunungkidul.

“Data yang digunakan oleh KPU DIY itu data BPS 2020 lalu, untuk saat ini masih kami lakukan pendataan ulang,” sambung Setyo.

Ia mengatakan, saat ini jaringan internet telah tersambyng di seluruh kalurahan di Kabupaten Gunungkidul dengan fiber optik yang sudah stabil. Berdasarkan uji sampel yang dilakukan, tiap TPS untuk sampai ke lokasi terjangkau sinyal sekitar 15 menit.

Berita Lainnya  Menanti Hasil Verifikasi Administrasi Para Calon Bupati Independen Yang Lolos ke Tahapan Lanjutan

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler