fbpx
Connect with us

Info Ringan

Empat Fakta Menarik Tentang Orang Kidal

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Penelitian terbaru yang dipublikasikan oleh Live Science menyatakan bahwa populasi manusia pada umumnya menggunakan tangan kanan sebagai tanggan dominan untuk lebih dari 500.000 tahun. Namun, populasi orang yang menggunakan tangan kiri sebagai tangan dominan (kidal) yang mencapai 10% memunculkan beberapa fakta menarik untuk dicermati. Ada banyak penelitian tentang mengapa orang lebih menggunakan tangan kiri sebagai dibandingkan tangan kanannya. Selain fakta tentang kondisi otak yang membedakan keduanya, beberapa fakta juga menunjukkan adanya hubungan dengan kondisi social masyarakat bahkan genetik keturunan.

Orang Kidal Cenderung Lebih Pemarah

Sebuah penelitian yang pernah dipublikasikan menyebutkan bahwa kondisi orang bertangan kanan, kidal, ataupun ambidextrous (mampu mengkoordinasikan kedua tangannya secara seimbang) dapat dijadikan indikasi tentang bagaimana otak seseorang memproses emosi. Data di lapangan menyebutkan bahwa orang yang kidal cenderung lebih rentan terhadap emosi negatif. Dan hasil dari penelitian menunjukkan adanya ketidak seimbangan pada otak kanan dan otak kiri orang kidal dalam memproses emosi.

Kondisi Kidal Dapat Mengindikasikan Beberapa Faktor Kesehatan

Berita Lainnya  Enam Makanan Manis dari Olahan Tepung Terigu

Sebuah penelitian yang pernah dipublikasikan oleh Pediatrics pada tahun 2010 membahas tentang  hubungan orang kidal dengan tingginya resiko mereka mengidap disleksia, ADHD, dan beberapa kelainan emosional.

Kiri Adalah Baik

Orang kidal cenderung mengasosiasikan ‘kiri’ adalah hal yang baik karena mereka terbiasa beraktivitas dengan tangan kirinya. Dan karena mereka memiliki keterbatasan dalam menggunakan tangan kanannya, maka mereka cenderung mengasosiasikan ‘kanak’ sebagi hal yang buruk. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Daniel Casasanto, seorang peneliti dari Stanford, pernah meminta peserta penelitiannya untuk menggambar seekor zebra pada sebuah kotak di sisi yang melambangkan kebaikan dan seekor panda pada kotak di sisi yang melambangkan keburukan. Dari intruksi tersebut, para peserta yang berkondisi kidal sebagian besar menempatkan zebra pada kotak di sisi kiri dan panda pada kotak di sisi kanan.

Berita Lainnya  Lima Menu Sarapan yang Sebaiknya Dihindari

Orang Kidal Lebih Kreatif

The American Journal of Psychology pernah menerbitkan artikel yang menjelaskan tentang bagaimana orang kidal cenderung lebih kreatif dibandingkan dengan orang bertangan kanan ketika dihadapkan pada pekerjaan yang menuntut kreatifitas. Berfikir out of the box misalnya, orang dengan kondisi kidal cenderung lebih memiliki kemampuan ini dibandingkan orang yang bertangan kanan. Sebagai tambahan, sebuah survey pernah menunjukkan bahwa orang dengan kondisi kidal banyak mengabil jalur karir pada bidang seni rupa, musik, olahraga , dan teknologi yang menambahkan penggambaran bahwa orang kidal berkemampuan lebih dalam kreativitas. Ada banyak studi dan penelitian pada bidang ini. Dan adalah hal yang sangat menarik untuk dicermati bahwa hal sesederhana itu dapat mempengaruhi kepribadian, emosional, bahkan pilihan karir seseorang. Jadi, apakah Anda kidal?

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler