fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Manfaat Dari Buah Anggur Merah

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Buah anggur merah bisanya identik dengan minuman beralkohol atau biasa disebut wine. Padahal ada lebih dari 200 jenis anggur merah di seluruh dunia mulai dari red globe, cardinal, emperor, dan anggur merah tanpa biji. Dibanding anggur hijau, anggur merah mengandung lebih sedikit kalori. Biasanya anggur merah digunakan untuk membuat selai, jus, jelly, campuran salad, atau dikonsumsi langsung. Anggur yang satu ini kaya akan beberapa nutrisi seperti potasium, kalsium, magnesium, selenium, folat, vitamin A, vitamin C,vitamin B6, dan zat besi. Semua nutrisi tersebut akan berdampak langsung untuk kesehatan. Lantas, apasaja manfaat anggur merah bagi kesehatan? Ini dia.

Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang berjuang untuk mendapatkan berat badan ideal, anggur merah adalah satu buah super untuk menurunkan berat badan. Karena anggur merah tidak memiliki banyak kalori. Setengah cangkir anggur merah hanya mengandung 23 kalori. Di sisi lain, anggur merah kaya akan nutrisi dan dapat membantu menjaga nutrisi Anda. Penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Internasional Nutrisi Olahraga dan Metabolisme Olahraga pada tahun 2014 menyatakan bahwa kandungan resveratrol di dalam anggur ini membantu membakar lebih banyak kalori, karena otot mereka menggunakan jumlah energi yang lebih besar dibandingkan dengan apa yang biasanya mereka lakukan.

Menjaga Kesehatan Jantung

Berita Lainnya  Tujuh Tips Agar Kulit Wajah Tetap Kencang

Jantung yang sehat adalah salah satu hal untuk memiliki kehidupan yang bahagia, dan anggur merah dapat membantu Anda mencapai hal tersebut. Karena anggur merah mengandung flavonoid dari warna merahnya, yang berfungsi membantu melindungi dari penyakit jantung dengan mencegah pembekuan darah serta oksidasi. Selain itu kulit buah anggur ini terdiri dari anthocyanin, menurut penelitian yang dilakukan, anthocyanin bermanfaat melindungi jantung. Anggur merah juga mengandung resveratrol, yang mungkin dapat membantu menyembuhkan aterosklerosis yaitu yang membawa penyakit jantung sebagai faktor risiko.

Meningkatkan Kesehatan Otak

Pikiran yang sehat dalam tubuh yang sehat sangat penting untuk mendukung gaya hidup sehat, tentunya dengan pemeliharaan dan perlindungan. Seiring dengan banyak nutrisi yang membantu fungsi tubuh, anggur merah juga dapat membantu Anda memiliki pikiran yang sehat karena kandungan resveratrol di dalamnya untuk membantu meningkatkan kognisi. Resveratrol meningkatkan aliran darah ke otak hingga 200%. Dengan demikian, resveratrol membantu mempercepat respons dan kemampuan mental Anda.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Penelitian yang dilakukan di Universitas Miami, Florida telah menemukan bahwa anggur merah melawan stres oksidatif dan meningkatkan kesehatan mata dengan secara langsung membuat perubahan pada tingkat sel. Anggur merah dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan protein pelindung di retina. Flavonoid dalam buah ini juga terdiri dari oksidan yang dapat mengurangi dan menghilangkan radikal bebas untuk menghentikan pembentukan katarak. Karena anggur merah adalah sumber yang sangat kaya dengan antioksidan kuat, resveratrol, anggur merah juga  melakukan fungsi agen penghambat terhadap beberapa enzim spesifik yang merosot jaringan.

Berita Lainnya  Tujuh Jenis Saus Pasta yang Memiliki Citarasa Lezat

Baik untuk Kesehatan Kulit

Anggur merah dan bijinya mengandung antioksidan yang baik. Mengandung 50 kali lebih kuat dari Vitamin E dan 20 kali lebih kuat dari Vitamin C. Ini membantu melindungi kulit dari polusi dan kerusakan racun. Anggur merah juga berguna dalam perbaikan kolagen. Selain itu kandungan resveratrol membantu membalikkan tanda-tanda penuaan dan membantu mengatasi masalah kulit lainnya. Ini juga dapat membantu mengatasi jerawat jika digunakan dengan obat jerawat umum seperti benzoil peroksida.

Anti Bakteri

Anggur merah mengandung sifat antibakteri dan antivirus. Dengan begitu, buah anggur yang satu ini  dapat melindungi Anda dari banyak infeksi. Sifat antivirus juga berguna untuk memerangi virus polio dan virus herpes simpleks.

Melawan Kanker

Kandung resveratrol yang tinggi pada anggur merah dapat melindungi kulit dari sinar UVB berbahaya yang dihasilkan oleh matahari dan membantu melindungi dari kanker kulit. Para peneliti telah menemukan bahwa resveratrol secara positif dapat membantu mengendalikan kanker. Anggur merah  juga membantu melindungi tubuh dari radiasi selama perawatan kanker.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler