fbpx
Connect with us

Info Ringan

Delapan Tips Mengatasi Separation Anxiety Terhadap si Kecil

Diterbitkan

pada tanggal

––>

Jogja,(pidjar.com)–Si kecil  mengalami kecemasan berpisah dengan orang yang sangat dikenal dekat oleh  si kecil merupakan  merupakan tanda separation anxiety. Ini adalah fase tonggak perkembangan yang seringkali dialami oleh  si kecil. Sehingga seringkali  si kecil  yang masih kecil memiliki kekhawatiran apabila dipisahkan dengan orang yang sudah dikenal akrab oleh  si kecil. Kecemasan ini dikarenakan  si kecil  tidak mengerti waktu sehingga  si kecil  mengkhawatirkan kapan Anda akan kembali lagi. Ada lho tips mengatasi separation anxiety!

Stimulasi Parmainan Cilukba

Sejak bayi Anda dapat memberikan permainan cilukba atau permainan yang menyembunyikan wajah  Anda  di hadapan si kecil kemudian kembali muncul. Permainan ini akan memberikan pengertian bahwa  Mom  akan kembali di pandangan bayi.

Berikan Pengertian

Pada saat Anda akan bepergian, ia dapat memberikan pengertian kepada  si kecil. Sehingga  Anda  tidak meninggalkan  si kecil  dengan trauma.

Berita Lainnya  Empat Film Bertema Pramuka yang Menarik

Petak Umpet

Ketika  si kecil  susah sekali dipisahkan dengan Anda. Anda bisa lho mengajak si kecil bermain petak umpet dan kemudian menghilang dari hadapan si kecil. Bilang padanya jika Anda akan muncul pada jam pulang kerja, misalnya.

Jangan Meninggalkannya Begitu Saja

Untuk memulai melatih si kecil mengatasi rasa cemas ditinggal, sebaiknya jangan meninggalkannya begitu saja. Anda dapat memberikan pengertian dengan menggendong si kecil  Anda atau mengajak berjalan-jalan kecil di halaman rumah kemudian ceritakan hal yang menarik dan bilang bahwa  Mom  akan kembali setelah usai aktivitas.

Sediakan Waktu Bermain Bersama  Sebelum Pergi

Sebelum  Anda  meninggalkan  si kecil, sediakan waktu bermain bersama sejenak sebelum  Anda  pergi dan katakan di sela-sela bermain bahwa Anda  akan pergi sebentar dan akan segera kembali. Yakinkan kepadanya bahwa ia akan baik-baik saja selama ditinggal.

Lakukan Dengan Mudah Dan Perlahan

Si kecil  yang tidak terbiasa ditinggal  Anda nya pasti merasa cemas jika tiba-tiba harus tinggal dengan orang lain. Jangan terlalu terburu-buru melatih  si kecil  mengatasi rasa cemasnya ketika ditinggal. Lakukanlah secara perlahan-lahan.

Berita Lainnya  Enam Tips Menyimpan Sayur dan Buah di Dalam Kulkas Agar Tidak Mudah Rusak

Tunjukkan Wajah Gembira

Ketika  Anda  kembali kepadanya, hujani ia pelukan, ciuman dan ungkapan kasih sayang. Jangan lupa bicarakan mengenai apa yang dia lakukan selama  Anda  tidak bersamanya.  Anda  juga bisa menceritakan apa yang  Anda  lakukan selama tidak bersamanya. Tetap tunjukkan wajah gembira, jangan tunjukkan wajah muram atau sedih karena berpisah dengannya.

Jaga Komunikasi

Ketika  Anda  sedang berada di ruangan terpisah dengan  si kecil   Anda  pada hari pertama berlatih, tetaplah berbicara dengannya. Ceritakan apa yang sedang  Anda  lakukan disana dan katakan bahwa  Anda  akan segera kembali. Tentu saja dia akan protes dan meminta  Anda  segera kembali, tetapi abaikan sampai waktu yang  Anda  sudah tentukan berlalu.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler