fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Manfaat Nutrisi dari Buah Nangka

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Buah nangka memiliki rasa manis yang mirip dengan kombinasi buah-buahan, seperti apel, nanas, mangga, dan pisang. Sama seperti buah-buahan lainnya, buah nangka mengandung banyak nutrisi seperti rendah kalori, bebas lemak alami, natrium, vitamin A, vitamin C, kalium dan tinggi serat. Dibalik kepopulerannya untuk berbagai hidangan, buah nangka ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Ingin tahu apa saja? Yuk, langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Mengurangi Tekanan Darah

Jumlah kalium yang tepat memastikan pengaturan natrium yang seimbang dalam tubuh kita. Jika tidak, maka hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada arteri dan jantung. Kalium juga berkoordinasi dan menjaga fungsi otot termasuk otot-otot jantung. Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki fungsi sistem tubuh yang sempurna. Nah, dalam buah nangka terkandung kalium dalam jumlah yang tinggi yang dapat membantu sistem peredaran darah tubuh kita. Kalium menurunkan tekanan darah dengan menangkal efek natrium dan mengurangi ketegangan di dinding pembuluh darah.

Sebagai Obat Penangkal Kanker

Buah nangka diketahui mengandung flavonoid, antioksidan dan fitonutrien yang tinggi. Kandungan antioksidan dalam buah ini mampu membuang racun yang diakibatkan oleh radikal bebas. Sebagai informasi, jika racun tersebut tidak dikeluarkan oleh tubuh, maka dapat menyebabkan penyakit kanker. Dilansir CNN Indonesia, buah nangka disebutkan berkhasiat untuk menangkal kanker. Hal itu karena di dalam buah nangka terkandung sejumlah zat fitokimia seperti flavonoid, saponin, dan tanin. Selain menangkal, buah nangka juga dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh penderita kanker.

Berita Lainnya  Tujuh Tipe Foto Si Kecil yang Seharusnya Tidak Diupload di Media Sosial

Meningkatkan Sistem Pencernaan

Buah nangka berkontribusi dalam meningkatkan sistem pencernaan ketika kita memakannya secara teratur. Buah nangka mengandung serat dalam jumlah yang tinggi, sehingga tidak menyebabkan sakit perut. Bahkan jika dimakan dalam jumlah besar dapat meningkatkan pergerakan usus. Nangka juga melindungi usus dengan mengeluarkan bahan kimia karsinogenik dari usus besar. Karena buah nangka kaya akan dua jenis serat, yaitu serat larut dan tidak larut, maka sangat penting untuk mengkonsumsi buah ini sebagai makanan sehari-hari. Serat larut berfungsi untuk menghasilkan energi, sedangkan serat tidak larut dapat membantu memperlancar buang air besar untuk memudahkan pergerakan usus.

Mendukung Kesehatan Tulang

Buah nangka juga bermanfaat sebagai suplemen kalsium yang baik untuk tulang yang sehat. Maka dari itu, mengkonsumsi buah nangka sangat dianjurkan. Selain kalsium, buah ini juga mengandung vitamin C dan magnesium yang selanjutnya membantu penyerapan kalsium. Karena buah nangka mengandung banyak kalsium yang bermanfaat untuk mendukung kekuatan tulang, maka Anda dapat terhindar dari sejumlah gejala penyakit tulang, seperti osteopororis atau radang sendi. Hal tersebut dapat Anda atasi dengan mengkonsumsi buah nangka secara rutin.

Berita Lainnya  Enam Olahan  yang Berasal dari Ubi Ungu

Meningkatkan Sistem Imun

Buah nangka mengandung sejumlah besar vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuatnya lebih kuat ketika melawan infeksi. Jika Anda memakan satu porsi buah nangka seberat 100 gram, Anda bisa mendapatkan dorongan energi untuk mendukung kegiatan Anda sehari-hari. Selain itu, buah nangka juga mengandung gula yang mudah dicerna dan sangat baik untuk tubuh.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Buah nangka mengandung vitamin A dalam bentuk beta-karoten yang tinggi, sehingga buah ini memberikan manfaat yang baik untuk mata. Vitamin tersebut berfungsi membebaskan mata dari infeksi, virus, serta radikal bebas.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler