fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Manfaat Kacang Hijau

Diterbitkan

pada tanggal

––>

Jogja,(pidjar.com)–Sering mengonsumsi kacang hijau ternyata dapat memberi manfaat yang luar biasa untuk kesehatan, lho. Kacang hijau merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang menyehatkan. Hal ini karena kacang hijau mempunyai kandungan nutrisi yang cukup lengkap, mulai dari protein, karbohidrat, serat, vitamin, mineral, asam folat, kalsium sampai zat besi. Itulah sebabnya mengonsumsi kacang hijau bisa memberi manfaat berikut untuk kesehatan.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kacang hijau mengandung fitonutrien yang berperan sebagai anti-pembengkakan serta dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan menetralkan zat-zat berbahaya seperti bakteri, virus, iritasi, dan sebagainya.

Melancarkan Pencernaan

Kacang hijau juga dikenal sebagai makanan yang kaya akan serat, sehingga mengonsumsi kacang ini secara rutin dapat memperlancar pencernaan dan membantu pembersihan racun dalam tubuh atau detoks.

Berita Lainnya  Enam Tips Agar Balita Tidur Nyenyak

Membersihkan Tubuh dari Racun

Kandungan protein, tanin dan flavonoid dalam kacang hijau bermanfaat untuk membersihkan racun-racun seperti merkuri dan besi dari dalam tubuh.

Mencegah Kanker

Dalam sebuah penelitian medis ditemukan bahwa kacang hijau dapat mencegah kerusakan DNA dan mutasi sel berbahaya dalam tubuh. Hal ini karena kacang hijau kaya akan kandungan polyphenol dan oligosakarida yang mampu menghambat perkembangan kanker.

Baik untuk Kesehatan Jantung

Anda juga bisa menjaga kesehatan jantung dengan banyak mengonsumsi kacang hijau. Pasalnya, jenis kacang ini mengandung serat yang tinggi yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung serta menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Mengurangi Gejala PMS

Kacang hijau juga baik dikonsumsi oleh para wanita karena bermanfaat membantu mengendalikan hormon yang dapat memicu gejala-gejala PMS. Jadi, dengan memperbanyak minum atau menyantap kacang hijau, Anda bisa menjalani aktivitas dengan baik tanpa terganggu masalah PMS. Hal ini berkat kandungan vitamin B6, vitamin B, magnesium dan folat yang terdapat dalam kacang hijau.

Berita Lainnya  Mencicipi Ampo, Makanan Tak Lazim Yang Berbahan Dasar Tanah Liat

Menurunkan Berat Badan

Serat yang terdapat dalam kacang hijau tidak hanya bagus untuk memperlancar pencernaan dan menjaga kesehatan jantung, tapi juga dapat membuat Anda kenyang lebih cepat dan lebih lama, sehingga dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Selain itu, kacang hijau juga bisa menjadi pilihan makanan untuk Anda yang sedang diet, karena kandungan lemaknya rendah.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler