fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Tips Memilih Permainan Edukatif bagi Balita

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Semakin bertambah usia anak maka rasa keingintahuan anak juga akan semakin besar.  Sehingga hal yang bisa dilakukannya untuk menghilangkan rasa keingintahuanya adalah dengan belajar mengenal dunia sekitarnya melalui media bermain.

Sebagai orang tua harus bisa kreatif agar si buah hati ikut terlatih kreatif.  Salah satu hal yang bisa dilakukan para orang tua yaitu memberikan hiburan kepada Balita dengan memberikan permainan ataupun ikut bermain bersama anak.  Banyak sekali permainan yang bisa dilakukan agar si buah hati bisa terasah daya kreatifitasnya. Tapi sebelum memberikan permainan edukatif kepada anak sebaiknya para orang tua memperhatikan beberapa hal, di antaranya adalah sebagai berikut

1. Dalam memilih permainan, sebaiknya disesuaikan dengan usia sang Balita dan sesuai dengan kemampuannya.

2. Pastikan bahwa permainan yang akan diterapkan tidak mengandung unsur berbahaya. Misalnya bahaya tenggelam, bahaya tersayat karena benda tajam ataupun anak teracuni oleh media bermain.

Berita Lainnya  Manfaat Mendengarkan Musik Untuk Kesehatan

3. Pilihlah alat bantu permainan yang memang sesuai dengan usianya dan pastikan aman sehingga media bermain tidak akan melukai ataupun tertelan.

4. Sebaiknya pilih tempat bermain yang terjaga kebersihannya agar anak tidak terserang penyakit ataupun terkena virus dan bakteri yang bisa merugikan kesehatan.

5. Berilah permainan yang tidak rumit dan gampang diingat oleh anak sehingga anak akan senang mempermainkannya.

6. Pastikan bahwa permainan yang diterapkan akan mampu mengasah kecerdasan dan daya kreativitas anak serta merangsang kemampuan emosional dan sosialnya.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler