fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Cara Menghemat Uang Belanja di Saat Pandemi Corona

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Melemahnya perekonomian akibat pandemi Covid-19 sekarang ini membuat banyak orang sulit mencari perkerjaan atau bahkan terpaksa di-PHK. Hal ini tentunya perpengaruh pada pendapatan yang menjadi berkurang. Oleh karena itu, penting sekali bagi Anda untuk mengetahui cara menghemat uang belanja. Di bulan puasa biasanya, ibu-ibu rumah tangga berbelanja lebih sering untuk menyiapkan makanan berbuka puasa yang beragam. Namun dengan keadaan ekonomi sulit seperti yang terjadi sekarang, tentunya ada penyesuaian terhadap cara Anda mengeluarkan uang. Tenang saja, tujuh cara menghemat uang belanja di bawah ini dapat membantu Anda mengakali keuangan saat pandemi corona!

1. Membuat Catatan Rencana Belanja

Tulis bahan makanan atau barang apa saja yang tersedia, sudah habis, dan diperlukan di rumah. Dengan adanya catatan, Anda bisa dengan mudah mengingat barang apa yang Anda butuhkan. Adanya catatan juga membantu Anda menghindari barang yang memang tidak diperlukan sehingga menyebabkan pemborosan.

2. Berbelanja di Pasar Tradisional

Pasar tradisional merupakan salah satu tempat yang tidak ditutup saat PSBB, sehingga Anda bisa dengan mudah datang ke sini. Harga bahan makanan yang dijual juga jauh lebih murah dan lebih lengkap daripada di supermarket. Anda juga bisa melakukan tawar menawar dengan penjual untuk mendapatkan harga termurah.

3. Membuat Daftar Menu Masakan Mingguan

Buat daftar menu yang ingin Anda buat untuk seminggu kedepan. Hal ini dilakukan untuk mengatur bahan makanan apa yang akan Anda butuhkan selama 7 hari kedepan. Adanya menu juga membuat Anda membeli barang secara kiloan, sehingga harga yang didapatkan menjadi lebih murah daripada membeli eceran.

4. Membedakan Belanja Harian, Mingguan, dan Bulanan

Bedakan belanja untuk bahan seharian, semingguan, dan sebulanan. Berikut adalah penjelasan singkatnya:

  • Belanja bulanan diantaranya membeli beras, minyak, terigu, dan kebutuhan mandi.
  • Belanja mingguan seperti belanja telur, bumbu dapur, galon air, makanan instan, juga daging.
  • Belanja harian adalah membeli bahan makanan seperti sayuran, roti, tempe, tahu, dan buah-buahan.

5. Melakukan Perbandingan Harga Sebelum Membeli

Anda bisa membandingkan harga barang dengan jenis yang sama tetapi berbeda merek di lokasi pembelian yang berbeda pula. Pastikan Anda membeli barang berkualitas dengan harga yang paling murah. Anda bisa mencari tahu hal ini melalui internet atau brosur supermarket tentang rekomendasi harga termurah.

6. Beralih ke E-Commerce

Masa pandemi seperti sekarang membuat Anda sulit untuk keluar rumah. Oleh karena itu, coba untuk beralih dan mulai berbelanja di e-commerce. E-commerce kadang akan memberikan diskon, kupon gratis ongkir, ataupun cashback yang membuat belanja menjadi jauh lebih murah.

7. Manfaatkan Diskon

Cari momen saat supermarket atau minimarket memberikan diskon besar-besaran. Pastikan harga barang yang didiskon di laman resmi supermarket. Hal tersebut dilakukan agar Anda tidak membuang waktu untuk berkeliling area belanja mencari barang yang sedang diskon.

 

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler