fbpx
Connect with us

Peristiwa

Jelang Lonjakan Wisatawan ke Gunungkidul, Kepolisian Akan Bina Pak Ogah

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.cok)–Libur Natal dan tahun baru akan segera tiba. Hal ini tentunya wisatawan yang masuk ke wilayah Gunungkidul melonjak tajam. Beberapa jalur di kawasan pesisir sering bermunculan pengatur jalan ilegal atau yang kerap disebut dengan Pak Ogah. Sering kali kemunculan Pak Ogah justru mengganggu kenyamanan pengguna jalan. Mengatasi berbagai keluhan dari wisatawan tersebut dari jajaran Satlantas Polres Gunungkidul akan menggandeng sejumlah unsur masyarakat dan melakukan antisipasi.

Kasat Lantas Polres Gunungkidul, AKP Anang Tri Nuvyan mengungkapkan, jajarannya dalam waktu dekat akan melakukan koordinasi dengan masyarakat di desa-desa khususnya di wilayah pesisir untuk memberikan edukasi dalam membantu pengaturan lalu lintas. Hal ini dilakukan agar Pak Ogah yang bermunculan mengetahui tata cara pengaturan lalu lintas.

Musim liburan seperti sekarang ini, kemunculan Pak Ogah di jalur wisata semakin marak. Biasanya mereka beroperasi di jalanan yang menanjak, turunan dan kondisinya meninkung. Acap kali, mereka justru mengganggu pengguna jalan lantaran hampir beberapa meter jalan selalu ditemui Pak Ogah.

“Keberadaannya sendiri sebenarnya membantu, makanya akan kami lakukan pembinaan. Ini sudah masuk musim libur, beberapa jalur wisata pun juga sudah mulai ramai,” kata AKP Anang Tri, Senin (23/12/2019).

Tidak menutup kemungkinan pihaknya akan menggandeng dinas terkait dan tokoh linmas dalam mengatur keberadaan Pak Ogah. Penataan tertentu pun juga nantinya akan dilakukan oleh pihak kepolisian.

Berita Lainnya  Sapi di Semanu Ditemukan Mati Mendadak di Dalam Kandang

Sebagaimana pengalaman sebelum-sebelumnya, Pak Ogah yang bermunculan itu sering memaksa dan mengeluarkan kata-kata tak pantas jika tidak diberi imbalan. Belum lagi, para Pak Ogah ini juga melibatkan anak-anak sehingga membahayakan keselamatan. Harapannya dengan adanya kerjasama dengan sejumlah lini dan pemberian pengetahuan, keberadaan mereka tidak meresahkan dan tidak ada lagi keluhan dari masyarakat.

“Nanti akan kami atur dimana yang patut dibantu pengaturan lalu lintasnya. Kalau ada keluhan nanti tentu akan kami berikan arahan dan ditertibkan,” imbuhnya.

Dari jajaran kepolisian berkomitmen membantu pemerintah dalam upaya pengamanan dan kelancaran lalu lintas selama libur akhir tahun ini. Terebih di jalur-jalur wisata misalnya saja yang selama ini menjadi perhatian yakni di kawasan pantai. Sejumlah personil gabungan akan di siagakan di pos tertentu seperti jalur menuju kawasan pantai.

Berita Lainnya  Ditemukan Tergeletak Lemas di Dalam Hutan, Ngatinem Akhirnya Meninggal Dunia

Jika terjadi tumpukan kendaraan tidak menutup kemungkinan rekayasa jalur pun akan diterapkan oleh petugas di lapangan. Terlebih sekarang ini ada beberapa jalur alternatif yang sudah dapat dilalui.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler