fbpx
Connect with us

Peristiwa

Lalai Bakar Sampah di Kandang, Kambing Milik Somorejo Nyaris Terpanggang

Diterbitkan

pada tanggal

Semanu,(pidjar.com)–Sejumlah warga Padukuhan Sambirejo, Desa Semanu, Kecamatan Semanu sempat berjibaku dengan api yang membakar kandang kambing milik Somorejo (70), Rabu (24/12/2019) pagi tadi. Kebakaran kandang tersebut dipicu dari api pembakaran sampah yang merembet ke tumpukan kayu maupun bangunan kandang.

Petugas pemadam kebakaran Wonosari, Widodo mengungkapkan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 08.00 WIB. Sebelumnya, pemilik rumh membakar sampah di dekat kandang ternak. Tak ada hitungan panjang, pasalnya memang tempat itu sering dipakai untuk membakar sampah. Belum juga api padam, pemilik kemudian meninggalkan tempat itu untuk beraktifitas lainnya.

Tanpa disadari, api dari pembakaran tersebut justru merembet ke tumpukan kayu yang ada di dekatnya. Kemudian api yang berkobar juga melalap atap bangunan kandang. Sejumlah warga yang melihat kejadian tersebut berusaha memberitahu pemiliknya sembari memadamkan api dengan alat alakadarnya.

Berita Lainnya  Penemuan Mayat di Semanu Diduga Korban Bunuh Diri, Keluarga Tolak Otopsi

“Warga berusaha memadamkan api dengan menyiram air pakai ember. Kemudian baru laporan ke pemadam,” terang Widodo.

Api dapat dipadamkan setelah tim pemadam tiba dengan melakukan penyisiran di titik tersebut. Sehingga jika dimungkinkan masih ada percikan api yang keluar langsung bisa mati dan tidak menimbulkan kebakaran kembali.

“Hanya pendinginan saja. Ada beberapa unit kendaraan yang kami bawa tadi. Untuk ternaknya berhasil diselamatkan,” imbuhnya.

Bangunan kandang yang dilalap api sendiri hanya sekitar 20 persen, dimana hanya di bagian atapnya saja dan sebagian tumpukan kayu. Kerugian yang ditafsir pun tidak mencapai jutaan rupiah.

Menurutnya, kejadian ini menambah daftar panjang kejadian kebakaran kandang yang diakibatkan atas kelalaian saat membakar sampah. Adapun himbauan yang disampaikan oleh pemadam kebakaran yakni masyarakat harus lebih jeli. Saat membakar sampah diusahakan jauh dari bangunan yang sekiranya mudah terbakar.

Berita Lainnya  Dua Wisatawan Asal Belanda Tenggelam di Pantai Krakal 

“Dipastikan api sudah dalam kondisi mati kemudian baru ditinggalkan,” pungkas dia.

 

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler