fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Olahan Ikan Asin yang Bikin Nagih

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Ikan asin merupakan salah satu olahan terpopuler di Indonesia. Setiap daerah pasti punya caranya sendiri untuk menikmati ikan asin. Biasanya ikan asin merupakan menu wajib kalau ada hajatan atau pesta, seperti syukuran rumah baru, arisan, hingga family gathering. Ikan asin juga enak dimakan untuk makan siang bersama keluarga atau teman. Orang-orang yang merantau (terutama ke luar negeri) biasanya membawa ikan asin agar bisa melupakan kangen rumah. Tak perlu khawatir gagal untuk memasak ikan asin, karena digoreng saja sebenarnya ikan asin sudah bisa dimakan. Kalau mau dijadikan masakan yang lebih nikmat juga tidak sulit. Biasanya ikan asin dimasak jadi brengkes/pepes atau ditumis. Nah, berikut beberapa olahan ikan asin yang cukup lezat.

 Tumis Ikan Asin Pedas

Ikan asin memang paling enak dimakan dengan sesuatu yang pedas. Karena ikan asin sudah asin, tentu saja, jadi Anda bisa menetralisirnya sedikit dengan menambahkan rasa manis dari kecap manis. Supaya lebih sedap, tambahkan bawang putih bawang merah, cabai merah cabai rawit, tomat dan daun bawang!

Tumis Peda Surawung

Berita Lainnya  Beberapa Hal Tentang Gunung Kidul Yang Jarang Diketahui

Surawung itu apa? Mungkin Anda akan bertanya begitu. Buat yang belum tahu, surawung itu bagaimana orang Sunda menyebut kemangi. Kalau bahasa Inggrisnya, sih, ini daun basil. Masakan ini paling enak dinikmati dengan nasi hangat + sambal goang. Anda hanya membutuhkan ikan asin peda, kemangi, cabai merah cabai hijau, cabai rawit, bawang merah bawang putih, tomat, bawang daun dan daun jeruk. Anda bisa menambahkan petai kalau suka!

Asin Jambal Roti Cabai Hijau

Ini adalah asin jambal roti cabai hijau. Karena pakai cabai hijau, tentu tomat yang digunakan pun yang warna hijau, ya. Sayuran yang hijau-hijau ini memang punya cita rasa berbeda dengan yang warnanya merah. Entah kenapa cabai hijau terasa lebih pedas daripada cabai merah. Lalu, tomat hijau lebih asam dari yang merah. Jadinya pas saja ketika dimakan bersama dengan jambal roti yang empuk dan gurih.

Ikan Asin Kering Balado

Berita Lainnya  Lima Manfaat Diet Vegan

Ikan asin bulu ayam memang paling sedap kalau dimasak jadi kering balado seperti ini, nih. Terus, karena rasanya tidak asin (walaupun ini ikan asin, aneh, haha), jadi Anda tidak akan giung memakannya. Karena ini crispy, rasanya jadi seperti makan kerupuk saja (tapi lebih enak tentunya).

Pindang Ikan Asin Basah

Siapa di sini yang suka makan pindang? Ternyata ikan asin juga enak dipindang, loh. Tentu hasilnya jadi basah, bukan kering seperti kebanyakan resep ikan asin lainnya.

Oseng Tempe Ikan Asin

Kadang ada orang yang tak sanggup makan ikan asin secara utuh, entah karena terbayang bentuk asalnya atau karena rasa asinnya terlalu kuat. Untuk itu, Anda bisa mengakalinya dengan menambahkan bahan-bahan lainnya yang rasanya tidak terlalu kuat seperti tempe, tahu, atau bahkan yang rasanya kuat hingga jomplang dengan ikan asin seperti daun pepaya, paria dan kecap manis. Seperti menu oseng tempe ikan asin ini yang ditambah petai dan udang. Yumm!

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler