fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Manfaat Buah Kedondong

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Buah tropis yang agak keras dan asam ini memang paling cocok dinikmati dengan bumbu yang pedas. Ketika buahnya berwarna kekuningan dan dagingnya padat, buah kedondong paling enak dimakan langsung. Buah ini memiliki aroma yang menyenangkan dan rasa yang mirip dengan nanas. Meskipun sebagian besar kedondong berwarna kuning saat matang, tapi buah ini juga dapat memiliki variasi warna sesuai tingkat kematangan yang dapat ditentukan oleh bau dan rasanya. Buah yang berbentuk oval ini memiliki banyak manfaat kesehatan, lho! Penasaran apa saja manfaatnya? Yuk, simak langsung informasi selengkapnya di bawah ini.

Obat Batuk

Ternyata di balik rasanya yang asam, buah kedondong memiliki manfaat sebagai obat untuk meredakan batuk. Buah ini mengandung senyawa alami yang bisa digunakan untuk menyembuhkan batuk. Jadi, buah kedondong sangat baik dimakan jika Anda sedang mengalami batuk. Cara mengonsumsinya cukup mudah. Anda hanya perlu mengupas dan mencucinya hingga bersih. Setelah itu parut atau bisa juga diblender hingga menjadi jus. Lalu saring dan pisahkan dari ampasnya, kemudian minum airnya hingga gejala batuk mereda. Selain daging buahnya, ekstrak daun kedondong juga dapat digunakan untuk mengobati batuk. Untuk mengolah daunnya, Anda bisa merebus tiga atau empat lembar daun kedondong. Campurkan dalam dua gelas air dan diamkan selama beberapa menit. Ramuan ini disaring dan biasanya diminum dengan campuran madu.

Mengatasi Sakit Perut dan Diare

Kedondong kaya akan serat makanan, yang dapat membantu pencernaan dan membantu membersihkan usus. Kandungan air yang tinggi dari buah ini juga mencegah dehidrasi, yang juga membantu pencernaan. Selain itu, buah kedondong juga mengandung asam yang tinggi, sehingga bermanfaat untuk membantu pembentukan asam lambung yang alami. Dengan begitu, jika Anda memiliki masalah dengan pencernaan seperti BAB tidak lancar atau diare, Anda bisa makna buah kedondong untuk mengatasinya. Sebaiknya konsumsi buah kedondong di siang hari setelah Anda makan, dan saat malam hari sebelum pergi tidur. Karena mengandung asam yang tinggi, sebaiknya buah kedondong dihindari oleh para penderita asam lambung. Jika mereka mengkonsumsinya, produksi asam lambung mereka bisa meningkat yang akan menjadi sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Berita Lainnya  Tujuh Topi Klasik Yang Masih Dipakai Pria Hingga Masa Kini

Mengatasi Luka di Kulit

Buah kedondong mengandung vitamin A yang membantu menjaga jaringan sehat di tubuh kita. Jadi, tidak jarang jika buah kedondong digunakan sebagai obat untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Selain vitamin A, kandungan vitamin C dalam buah ini juga menjadi sumber antioksidan utama bagi kesehatan tubuh. Itu karena vitamin C berperan sebagai nutrisi yang dapat membantu mempercepat regenerasi sel kulit. Karena kandungan tersebut, buah ini dapat membuat luka kulit cepat sembuh dan tertutup akibat pertumbuhan sel baru yang cepat. Cara mengaplikasikannya pun sangat sederhana. Kita hanya perlu menggunakan getah buah kedondong untuk dioleskan ke seluruh bagian luka yang ada di kulit.

Mengatasi Kurang Darah

Seseorang yang mengalami kurang darah atau anemia tentu membuat penderitanya sangat tidak nyaman. Mulai dari mual, sesak napas, dan pusing yang akan membuat tubuh lemas. Nah, untuk mengatasi anemia, diperlukan asupan zat besi yang cukup yang salah satunya bisa didapatkan dari buah kedondong. Sebagai informasi, zat besi berfungsi untuk menghasilkan dan meningkatkan sel darah merah dalam tubuh. Jadi, buah ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh orang yang mengalami anemia. Untuk mengatasi anemia, sebaiknya konsumsi buah kedondong yang dibuat menjadi jus supaya mudah dicerna. Jadi, penderitanya tidak perlu repot memotongnya satu-satu dan mengunyah daging buahnya yang cukup keras tersebut.

Berita Lainnya  Tujuh Hewan Abadi Di Dunia

Meningkatkan Sistem Imun

Buah yang kaya akan vitamin C ini dapat berperan dalam menghasilkan sel darah putih. Sel darah putih berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Buah kedondong juga memiliki unsur sukrosa yang baik untuk menjaga stamina dan kekebalan tubuh. Vitamin C dalam buah ini juga dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Ini juga dapat meningkatkan pembentukan kolagen dan mempercepat proses penyembuhan luka. Buah ini juga mengandung antioksidan dan membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas.

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dari buah ini membantu dalam perbaikan jaringan dan memelihara kulit. Dengan begitu, hal itu dapat meningkatkan produksi kolagen dan meningkatkan kecantikan kulit. Buah kedondong juga dapat digunakan untuk membantu mengobati penyakit kulit. Anda bisa mendapatkan manfaatnya ini dengan cara merebus daun kedondong dan ekstraknya yang selanjutnya digunakan sebagai pengganti lotion dan pelembab tubuh. Secara tradisional, akar pohonnya juga dapat digunakan untuk merawat kulit yang gatal.

 

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler