fbpx
Connect with us

Sosial

DPRD Anggarkan 1 Miliar Untuk Sosilaisasi Penanggulangan Bunuh Diri, Wakil Bupati Anggap Kurang Efektif

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi menilai anggaran penanggulangan bunuh diri yang mencapai Rp 1 miliar kurang efektif.  Menurut dia, fenomena gantung diri sulit untuk diprediksi sehingga pencegahannya cukup sulit.

Immawan mengatakan, setiap tahunnya angka bunuh diri berkisar antara 27 hingga 30 kasus. Dari sekian kejadian tersebut banyak hal yang cukup mengejutkan dan menurutnya sangat sulit untuk diprediksi.

“Pengalaman di lapangan banyak juga mereka yang dari orang yang termasuk religius, sehingga gantung diri di Gunungkidul tidak bisa diprediksi,” ucap Immawan, Minggu (19/01/2020).

Immawan menambahkan, anggaran miliaran rupiah tersebut dirasa kurang tepat jika digunakan untuk sosialisasi. Namun begitu dirinya cukup mengapresiasi atas keseriusan dalam mencegah bunuh diri di Gunungkidul.

“Saya tetap apresiasi langkah yang diambil oleh DPRD Gunungkidul itu menunjukkan keseriusan dalam menangani gantung diri,” ujarnya.

Immawan menjelaskan, alasan berseberangan pikiran tersebut bukan tanpa alasan. Ia berpendapat jika anggaran tersebut akan lebih bermanfaat jika digunakan untuk menambah psikolog di sejumlah layanan kesehatan.

“Kalau ada psikolog atau psikiater di setiap layanan kesehatan itu malah lebih tepat. Karena bisa menyasar siapa saja,” ujarnya.

Dengan adanya psikolog menurutnya dapat mendiaknosa masyarakat yang mengalami depresi ataupun juga mengalami gangguan jiwa, sehingga angka bunuh diri atau gantung diri dapat ditekan pertahunnya.

“Kalau ada psikolog atau psikiater maka dapat mendiaknosa lebih dini seseorang mengalami depresi atau tidak karena selama ini kebanyakan mereka yang depresi yang nekat bunuh diri,” ujarnya.

Sebagaimana dimetahui sebelumnya, penanggulangan bunuh diri menjadi satu diantara fokus Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gunungkidul sehingga pada APBD tahun 2020 mendatang DPRD memplot anggaran untuk penanggulangan bunuh diri. Selama ini penanggulangan bunuh diri masih dinilai kurang membuahkan hasil.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler