fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Manfaat Lada Putih dalam Meningkatkan Kesehatan

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Wabah virus corona COVID-19 membuat siapa pun kini harus lebih memperhatikan kesehatan dan imunitas tubuhnya. Bukan hanya dari suplemen tambahan, banyak sekali bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk menambah daya tahan tubuh. Salah satunya adalah lada putih dengan serangkaian manfaat kesehatan. Lada putih dengan rasanya yang pedas dipercaya memiliki khasiat untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Dengan demikian, tubuhmu akan lebih terjaga dan terhindar dari berbagai sumber penyakit, termasuk virus corona. Lalu apa saja manfaatnya? Yuk, simak ulasan mengenai manfaat lada putih untuk meningkatkan kesehatan tubuh di bawah ini!

Dekongestan Alami dan Menyembuhkan Batuk

Lada putih adalah bumbu alami dengan rasa pedas atau panas yang khas. Saat dikonsumsi melalui makanan, lada putih bisa melegakan saluran pernapasan sehingga meredakan hidung tersumbat atau mampet. Jika dikombinasikan dengan madu, lada putih juga bisa mengeluarkan efek antibiotik dan mencegah infeksi saluran pernapasan. Dengan demikian, tidak salah jika menggunakan lada putih untuk mengatasi keluhan batuk dan pilek.

Lada Putih Memberikan Manfaat Antioksidan

Kandungan flavonoid dan vitamin pada lada putih menjadikannya sebagai bahan alami yang kaya akan antioksidan. Dengan adanya antioksidan, tubuh akan terlindungi dari kerusakan sel yang disebabkan oleh zat radikal bebas. Antioksidan pada lada putih ini juga bisa melindungi sel-sel tubuh dari datangnya penyakit berbahaya.

Berita Lainnya  Mengenal Sompil, Kuliner Khas Gunungkidul Yang Nyaris Hilang

Lada Putih Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Imunitas tubuh tidak terlepas dari peran sistem pencernaan yang lancar dan sehat. Lada putih bisa membantu tubuh memproduksi lebih banyak asam hidroklorik yang penting untuk mencerna protein dan komponen makanan lainnya. Selain itu, lada putih juga mengandung fiber atau serat yang berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan. Dengan lada putih, pencernaan akan terjaga dan tubuh pun jadi lebih sehat dan bugar.

Lada Putih Bermanfaat Menjaga Kadar Gula Darah

Jangan sampai gula darah menjadi masalah di masa tengah wabah virus corona COVID-19 ini. Oleh karena itu, kamu bisa mengonsumsi lada putih. Hal ini karena lada putih memiliki manfaat untuk mendongkrak metabolisme tubuh dan juga melancarkan pencernaan, yang mana semuanya ini punya efek positif pada kondisi kadar gula di dalam tubuhmu. Resep alami yang menggabungkan antara lada putih dengan kunyit dalam satu gelas susu sudah banyak dipraktikkan untuk mengatasi masalah kadar gula alias diabetes.

Lada Putih sebagai Sumber Multivitamin

Lada putih bisa menjadi suplemen alami yang mudah didapatkan tanpa perlu biaya yang mahal. Kaya akan zat flavonoid, lada putih juga mengandung vitamin A, vitamin K, dan vitamin C. Selain itu, lada putih juga mengandung banyak mineral mangan, zat besi, dan serat yang bisa memberikan efek baik bagi kesehatan tubuhmu.

Berita Lainnya  Lima Camilan Yang Terbuat Dari Kentang

Lada Putih untuk Mengatasi Sakit Kepala

Stres karena terlalu sering mendengar atau membaca berita di media mengenai virus corona COVID-19 yang semakin menyebar luas? Efek dari stres biasanya bisa membuat seseorang jadi sakit kepala. Coba deh atasi dengan lada putih yang cukup efektif melawan sakit kepala. Rasa sakit kepala sering muncul ketika enzim neuropeptide terpicu dan mengirimkan rasa sakit ke bagian otak. Akan tetapi, dengan kandungan capsaicin pada lada putih, maka transmisi ini bisa diblokir sehingga meredakan sakit kepala yang dirasakan.

Lada Putih untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung sebagai fungsi utama pada tubuh tidak boleh disepelekan dalam kondisi apa pun. Kamu bisa menjaga kesehatan jantungmu dengan mengonsumsi lada putih. Hal ini karena lada putih memiliki kemampuan untuk menyebarkan rasa panas yang dapat memicu proses keluarnya keringat dan cairan berlebih di dalam tubuh.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler